Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » Pesan Lupus untuk PKS

Pesan Lupus untuk PKS


By: Abol Ezz Selasa, 16 April 2013 0



Oleh : ENJANG ANWAR SANUSI

pkssiak.org - Saat PKS merayakan milad ke lima belas di bulan ini, bertepatan dengan milad saya sebagai seorang odapus (orang yang mengidap penyakit lupus) yang kedua. Dua tahun lalu saat PKS merayakan milad ke 13 di Senayan, saya ikut hadir dan menjadi penyaksi bersama ribuan kader dan simpatisan PKS yang membuat GBK terasa sempit. 

Ahad itu, sinar mentari terasa lebih terik dan menusuk kulit, saya mulai merasakan ada yang aneh dengan kondisi badan. Saat memutuskan pulang dan beristirahat di rumah. Semuanya masih terasa biasa. Besok harinya, saya memutuskan datang ke dokter.
Pada sebuah malam di pekan itu, tubuh menggigil, kepala terasa sangat berat. Belum pernah saya sesakit itu sebelumnya. Lalu hampir tiga minggu saya dirawat rumah sakit tanpa penyakit yang jelas. Serangkaian tes darah dilakukan. Demam berdarah negatif, typhus negatif bahkan dokter sempat menyangka saya terkena malaria. Hingga akhirnya diagnosa tegak, saya mengidap lupus. Sebuah nama yang saya anggap lucu untuk sebuah penyakit. Sejak kecil saya mengidolakan lupus, tokoh rekaan Hilman dengan permen karet dan hobi jurnalistiknya.
Sekian cerita singkat tentang saya dan lupus. Untuk selanjutnya, ijinkanlah saya sosialisai tentang penyakit lupus, karena dari pengamatan saya menunjukan bahwa penyakit ini belum seterkenal HIV AIDS, kanker atau kelainan jantung.
TENTANG LUPUS
Lupus adalah penyakit kelainan sistem kekebalan tubuh. Setiap tubuh manusia memiliki zat antibodi yang akan berfungsi sebagai tembok pertahanan pertama ketika diserang penyakit. Pada penderita lupus, zat antibodi tersebut berlebihan sehingga menyerang tubuh sendiri. Kata “Lupus” sendiri mengambil dari bahasa latin yang berarti anjing hutan. Dikatakan demikian karena penyakit ini bisa menyerupai penyakit lain.
Penyakit ini bersifat menahun, bukan penyakit menular dan penyebabnya belum diketahui secara pasti. Jika tidak ditangani dengan baik, sama berbahayanya dengan HIV AIDS atau kanker. Penderitanya lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki. Perbandingannya cukup jauh, sekitar 9:1. Hingga tidak jarang, masyarakat memahami lupus sebagai penyakit perempuan. Lupus biasanya menyerang pada usia produktif, sekitar 15 hingga 40 tahun. Namun belakangan mulai ditemukan lupus pada anak-anak dan usia lanjut.
Secara umum, penderita lupus memiliki tingkat sensifitas yang tinggi terhadap sinar matahari, fisiknya lemah sehingga mudah lelah dan lebih mudah stress. Informasi lebih lengkap tentang penyakit ini bisa didapatkan di situs yayasan lupus Indonesia dan yayasan syamsi dhuha.
PENANGANAN LUPUS DI INDONESIA
Yayasan Syamsi Dhuha menuliskan bahwa penderita lupus di Indonesia pada saat ini sekitar 300.000 orang dan tren-nya terus meningkat. Sosialisasi yang dilakukan pemerintah masih cukup minim, penanganannya pun demikian. Saat ini perangkat kesehatan yang menangani dan mengerti tentang penyakit ini masih cukup langka. Penderita di daerah-daerah terpencil harus menempuh jarak ratusan kilometer untuk memeriksakan kondisi lupusnya ke kota-kota besar bahkan harus ke Jakarta. Obat-obatan yang dikonsumsi cukup mahal dan belum ada jaminan kesehatan khusus untuk penyakit ini.
Meskipun begitu, kami sesama penderita lupus tetap bersemangat untuk tetap hidup sehat dan normal. Keterbatasan-keterbatasan itu kami siasati. Misalnya, kurangnya sosialisasi kami siasati dengan memperkenalkan diri sendiri seperti ini.
PESAN UNTUK PKS
Secara umum, saya berharap PKS di parlemen, baik pusat maupun daerah terus mendorong pemerintah untuk menjalankan kebijakan yang baik dalam bidang kesehatan, baik itu jaminan kesehatan maupun peningkatan fasilitas kesehatan. Penderita lupus cukup banyak dan mayoritas berada pada usia produktif. Kami pun ingin hidup sehat dan memberikan sumbangsih untuk bangsa.
Secara khusus, saya ingin menyampaikan. Jikalau seandainya saya tak datang ke rapat partai atau tak bisa ikut kampanye di siang bolong saat mentari bersinar dengan teriknya, itu berarti karena saya sedang kedatangan tamu. Saudara kembar saya bernama lupus. Hehe..

Semoga PKS tiga besar !

NEVER GIVE UP !


by @enjang_as


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar