Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » Dari Pertemuan Gubernur Se-Indonesia, Program PLTS Sumut Dinilai 'Ganteng' dan Inovatif

Dari Pertemuan Gubernur Se-Indonesia, Program PLTS Sumut Dinilai 'Ganteng' dan Inovatif


By: Abol Ezz Jumat, 03 Mei 2013 0


pkssiak.org, JAKARTA - Program pengembangan PLTS di Sumatera Utara menjadi perhatian pada ajang Musrenbangnasi di Hotel Binakara, Jakarta (30/4). Sumut terpilih bersama dua provinsi lainnya untuk memamerkan program terobosan upaya pengentasan kemiskinan.

Dalam pameran yang dikunjungi Presiden SBY tersebut, Sumut menampilkan program inovasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya home system yang diperuntukkan bagi rumah tangga di desa terpencil dan belum terjangkau jaringan listrik.  Dalam acara pembukaan Musrenbangnas Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho mengunjungi stand milik Pemprovsu tersebut dan ikut memberi apresiasi.

Saat berada di stand Sumut, Gubsu terlihat antusias menanyakan  terkait perkembangan program PLTS di Sumut.

Gubsu memperhatikan alat PLTS yang dipamerkan khusus bagi kebutuhan rumah tangga. Alat berupa panel sel surya yang dapat mengubah cahaya matahari menjadi arus listrik. "Satu unit perangkat harganya sembilan juta , bisa menerangi 3 bohlam untuk sepanjang malam pak," ujar salah seorang pegawai Bappeda kepada Gubsu.

Saat ini PLTS home system sudah tersebar di 18 kabupaten yang dinikmati  oleh warga terpencil dengan jumlah  sebanyak 8.674 unit. Program ini sudah dijalankan sejak tahun 1997 oleh Dinas Pertambangan dan Energi Sumut.

Kepala Bappeda Sumut Riadil Akhir Lubis menjelaskan program PLTS Sumut ini terpilih sebagai program yang dinilai memiliki inovasi dalam penanggulan kemiskinan. "Hanya ada tiga provinsi yang dipilih mengisi stand khusus program penanggulangan kemiskinan, yaitu Sumut, Jabar dan Sumbar," ujar Riadil.
Sumatera Barat unggul dalan program kredit lunak bagi UMKM dan Jawa Barat terpilih melalui program Perbaikan rumah tidak layak huni.


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar