Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » PKS di mata Pemilih Pemula

PKS di mata Pemilih Pemula


By: Abol Ezz Senin, 06 Mei 2013 0





Fajar Muhammad Hasan
Kompasioner



pkssiak.org - Bagaimana menilai hasil survey LSN yang dimuat sini, dan diulas oleh saudara Andreas disini, PKS mendapat suara 1,6%. Sedangkan hasil survey BERC disini dan penulis ulas untuk disini menunjukkan PKS mendapatkan 16,1%.
Kalau melihat data dari Facebook disini dan Twitter disini terlihat bahwa para pengguna Facebook/Twitter dalam kisaran 67%.  Kalau dari sisi jumlah, pengguna facebook/twitter ada sekitar 20jutaan dari 30jutaan pemilih pemula.   Jadi data Twitter—Facebook—KPU memang match. Dari sini bisa dilihat lebih jauh jika kita mengeksplorasi data BERC, maka bisa diambil kesimpulan bahwa SEANDAINYA para pemilih pemula yang tidak mengenal facebook/twitter tidak ada yang memilih PKS, maka pemilih pemula yang memilih PKS masih dalam kisaran 10%. Kalau kita masukkan margin error maka penelitian LSN kita dapatkan 1,6%+2,8%=4,4% sedangkan BERC 10%-2%=8%, sebuah perbedaan angka yang jauh. Apalagi secara logika pasti ada sekian persen dari pemilih pemula yang memilih PKS pasti lebih dari 10%. Atau kalau dalam rangking masih dalam kisaran rangking 2-4%.
Siapa yang benar ? BERC atau LSN ? kita juga bisa mengacu kepada kritikan pengamat politik Boy Hargens disini, dengan terlalu tingginya perolehan ARB (18,6%) sehingga LSN diduga mendapat data yang tidak merepresentasikan kenyataan/ada penggelembungan suara Golkar.
Bagaimanapun data ini tetap berguna, mari terus bekerja dan bekerja. Masih cukup waktu merubah realitas dari bacaan hasil survey. ***


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar