Bantuan diserahkan secara langsung oleh Ketua Fraksi PKS Siak Mester H Hamzah SAg didampingi Sekretaris DPD PKS Siak Afrizal, SP di lokasi ruko yang terbakar yakni di Dusun Tanjung Geronggang, Kelurahan Sungai Mempura, Kecamatan Mempura.

Mester menyebutkan ancaman kebakaran saat ini menjadi musibah yang juga harus diantisipasi warga karena begitu seringnya terjadi peristiwa ini. Untuk itu, dirinya mengetuk hati pemerintah dan pihak lain, agar dapat mengulurkan tangan guna meringakankan beban keluarga korban kebakaran di Siak.

''Ini wujud kepedulian kami, Fraksi PKS menyerahkan bantuan kepada keluarga korban berupa 20 sak semen dan bantuan uang yang mungkin tidak seberapa. Memang kalau dilihat dari nilainya, bantuan ini belum sebanding dengan kerugian yang dialami Sobirin, namun setidaknya ini bisa membantu meringankan beban keluarga,'' kata Mester.

''Harapan kami, pemerintah juga bisa ikut memperhatikan hal ini, walau bagaimana pun ini adalah musibah yang perlu diperhatikan,'' ungkap Mester.

Sementara Sobirin mengaku, kejadian itu telah menghanguskan bangunan ruko beserta isi berupa barang dagangan sembako. Parahnya, kejadian juga mengakibatkan luka bakar 30 persen di bagian tubuhnya, yakni bagian lengan sampai ke punggung.

''Hal yang sangat memukul saya, setelah semuanya habis, saya harus mengeluarkan biaya pengobatan Rp14, 8 juta untuk perobatan luka bakar saya. Pertama saya dilarikan RSUD Siak, karena tidak ada dokter bedah, maka terpaksa dibawa ke Rumah Sakit swasta di Pekan Baru, sementara saat itu saya memang sama sekali tidak ada uang. Beruntung keluarga dan kerabat ada yang cepat tanggap membantu saya,'' ungkap Sobirin.

Pada kesempatan itu, sobirin mengucapkan terimakasih pada pihak yang telah membantu, terutama pada Fraksi PKS yang telah memberikan bantuan berupa bahan bangunan berupa semen. Bantuan itu rencananya akan segera digunakan untuk membuat rumah baru untuk tempat tinggal sekaligus untuk usaha di tempat bangunan sebelumnya.

''Sebelum tempat ini jadi, kami masih menumpang di rumah kerabat dan dengan adanya bahan material yang diberikan akan di manfaatkan untuk membangun tempat tinggal dengan cara membangunnya separuh dulu,'' ucap Sobirin. [gr]