Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Anggota Komisi I DPR Protes Dubes Mesir

Anggota Komisi I DPR Protes Dubes Mesir


By: Abol Ezz Sabtu, 31 Agustus 2013 0


Jpkssiak.org, AKARTA—Anggota Komisi I DPR RI Budiyanto menyampaikan protes kepada Duta Besar Mesir untuk Indonesia Baha Dessouki atas pembantaian warga sipil yang terjadi di Mesir. Menurut Budiyanto, tindakan militer Mesir tersebut sangat bertentangan dengan hak asasi manusia dan melecehkan demokrasi.
Budiyanto menyampaikan protes tersebut dalam pertemuan antara Duta Besar Mesir, yang ditemani seorang akademisi Mesir prokudeta Mohammed El –Sayed Selim, dengan pimpinan dan anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Kamis (29/8) di gedung parlemen, Senayan, Jakarta.
Budiyanto mengutuk tindakan miiter Mesir, yang menurutnya melakukan dua kesalahan fatal dalam konteks negara demokrasi. Pertama, melakukan kudeta terhadap pemerintahan yang sah. Kedua, membantai ribuan warga sipil yang melakukan aksi damai menentang kudeta militer itu.
“Dalam konteks negara demokrasi kedua tindakan tersebut sama sekali tidak bisa dibenarkan, apa pun alasannya,” tandas Budiyanto.
Dalam kesempatan tersebut Budiayanto juga mempertanyakan soal mandat sekelompok rakyat yang berdemo menentang presiden yang sah, yang kemudian dijadikan dalih untuk mengambil alih kekuasaan. Kata Budiyanto, dalam negara demokrasi mandat untuk memerintah atau tidak memerintah diberikan melalui pemilihan umum, bukan melalui demonstrasi satu golongan dalam masyarakat.
Evakuasi Mahasiswa
Usai pertemuan dengan Dubes Mesir, Budiyanto meminta kepada pemerintah RI untuk melakukan evakuasi terhadap masyarakat dan mahasiswa Indonesia yang ada di Mesir. Belum berhentinya protes atas kudeta dan pembantaian rakyat sipil, serta sikap represif militer Mesir saat ini,  dikhawatirkan berimbas kepada warga asing yang ada di sana, termasuk warga dan mahasiswa Indonesia.
Sejumlah negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, Venezuela, dan sejumlah negara lainnya sudah melakukan evakuasi terhadap warganya. Bahkan Venezuela tidak hanya mengevakuasi warganya, tetapi juga menarik duta besarnya sebagai bentuk protes terhadap kudeta dan pembantaian warga sipil Mesir.

“Untuk menjaga keamanan warga Indonesia di Mesir, saya berharap pemerintah segera melakukan evakuasi. Jangan tunggu sampai jatuh korban,” tandas Budiyanto.


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar