Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » DSP PKS Putuskan Awal Ramadhan 29 Juni

DSP PKS Putuskan Awal Ramadhan 29 Juni


By: PKS Siak Sabtu, 28 Juni 2014 0


pkssiak.org - Dewan Syari'ah Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DSP PKS) telah menetapkan awal Ramadhan 1435 H yakni pada Ahad 29 Juni 2014 seperti yang tertuang dalam kutipan Surat Keputusan DSP PKS dibawah ini:

Kutipan
SURAT KEPUTUSAN

DEWAN SYARI’AH PUSAT
PARTAI KEADILAN SEJAHTERA
Tentang
AWAL RAMADHAN 1435H
NOMOR : 41/B/K/DSP-PKS/1435

بسم الله الرحمن الرحيم



اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاةُ وَالسَّلامُ عَلَىسَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ إمَامِ المتقينَ وقائدِ المجاهدينَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ  {أما بعد} .


Dewan Syari’ah Pusat setelah,

MENIMBANG
1. Bahwa kaum muslimin dalam melaksanakan puasa bulan Ramadhan membutuhkan ketetapan tentang tanggal 1 Ramadhan.

2. Bahwa untuk menetapkan tanggal 1 Ramadhan disyariatkan adanya ru’yatul hilal.

3. Bahwa seluruh tim ru’yatul hilal Dewan Syari’ah yang bekerja sama dengan tim ru’yatul hilal Kementrian Agama RI bersama ormas-ormas Islam dan MUI telah melaksanakan ru’yat di berbagai wilayah Indonesia pada tanggal 27 Juni 2014, dan semua tim ru’yat tidak berhasil melihat hilal.

4. Bahwa dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan sangat mengutamakan persatuan dan kesatuan umat.

5. Bahwa penetapan 1 Ramadhan 1435H diperlukan adanya surat keputusan.


MENGINGAT

1. Firman Allah SWT:
Artinya: ….Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS Al Baqarah : 185)

Artinya: Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang Mengetahui. (QS Yunus : 5)

2. Sabda Rasulullah SAW:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : صُومُوا لِرُؤْيتِهِ وأَفْطِرُوا لِرُؤْيتِهِ فإِن غُمّ عَلَيْكُم فَأكْمِلُوا العِدة (متفق عليه)

Artinya: ”Puasalah kamu jika melihat bulan, dan berbukalah kamu jika melihat bulan. Jika terhalang (mendung) maka sempurnakan bilangannya.” (muttafaqun ‘alaihi).

Sabda Rasul SAW, “Janganlah kamu berpuasa (Ramadhan) sehingga melihat hilal. Dan janganlah kamu mengakhiri Ramadhan sehingga melihat hilal (1 Syawal). Jika dihalangi oleh awan maka perkirakanlah.” (HR Bukhari-Muslim)

إِذَا رَأَيْتُمُوهُ فَصُومُوا وَإِذَا رَأَيْتُمُوهُ فَأَفْطِرُوا فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَاقْدُرُوا لَهُ

Sabda Rasul SAW, “Jika kamu melihat hilal maka berpuasalah (Ramadhan), jika kamu melihat hilal maka berbukalah (mengakhiri Ramadhan). Jika dihalangi oleh awan maka perkirakanlah.” (HR Bukhari-Muslim)

الصَّومُ يومَ تصُومُونَ، والفِطرُ يومَ تُفطِرُون، والأَضحَى يومَ تُضَحُّونَ

“Puasa adalah di hari kalian berpuasa, berbuka adalah di hari kalian berbuka dan ‘Iedul Adha adalah di hari kalian berkurban” (HR At-Tirmidzi)


MEMPERHATIKAN

1. Rapat Dewan Syari’ah Pusat di Jakarta tanggal 27 Juni 2014M/29 Sya’ban 1435H pukul 19.00 WIB tentang penetapan tanggal 1 Ramadhan 1435H.


Dengan memohon taufiq Allah dan ridho-Nya...

M E M U T U S K A N

MENETAPKAN

1. Bulan Sya’ban 1435H digenapkan hitungannya menjadi 30 hari.

2. Tanggal 1 Ramadhan 1435H jatuh pada hari Ahad bertepatan tanggal 29 Juni 2014M.

3. Agar kader dan simpatisan Partai Keadilan Sejahtera menjaga ukhuwwah Islamiyyah.


Demikian ketetapan Dewan Syariah Pusat tentang awal Ramadhan 1435H agar dapat dijadikan pedoman oleh seluruh kader dan dapat dijadikan rujukan bagi kaum muslimin dalam menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1435H.


Ditetapkan di  : Jakarta

Pada tanggal : 29 Syaban 1435 H/27 Juni 2014 M

DEWAN SYARI’AH PUSAT
PARTAI KEADILAN SEJAHTERA


DR. KH. SURAHMAN HIDAYAT, MA
(KETUA)


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar