Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » Irwan: Organisasi Harus Tepat Ukuran Dan Fungsi

Irwan: Organisasi Harus Tepat Ukuran Dan Fungsi


By: PKS Siak Sabtu, 21 Juni 2014 0


pkssiak.org - Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan menjalankan sebuah organisasi harus tepat ukuran dan fungsi sehingga reformasi dan birokrasi berjalan sebagaimana tuntutan undang-undang.

"Kita butuh organisasi yang betul-betul dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik, tepat ukuran dan tepat fungsi, sehinga reformasi dan birokrasi berjalan sebagaimana tuntutan undang-undang," ujar Irwan saat melantik Forum Komunikasi keorganisasian Provinsi dan Kabupaten/kota se-Sumatra Barat sekaligus membuka Rapat Koordinasi Teknis Kelembagaan Kabupaten/Kota di hotel Pangeran City Padang, pada Rabu (18/6) lalu.

Pada kesempatan itu Irwan juga menyampaikan agar dapat menyempurnakan kebutuhan organisasi yang ada di daerah masing-masing.

“Tepat fungsi bagaimana suatu organisasi atau lembaga bisa menjalankan amanah sesuai dengan fungsi dan tugas pokoknya, jadi tepat fungsi itu bagaimana berjalan secara profesional," tegasnya.

Irwan juga berharap organisasi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan. Sebuah struktur baru yang semestinya dibuat demi membantu tugas-tugas khusus dan sesuai dengan ukuran yaitu tepat fungsi, ukuran perbaikan Kelembagaan (organisasi).

"Organisasi sebagai salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam melakukan penyelenggaraan Reformasi Birokrasi. Penyelenggaraan organisasi paling tidak mempunyai tiga unsur, yaitu, adanya orang yang bekerja, adanya kerjasama dan adanya tujuan yang akan dicapai oleh organisasi tersebut," katanya.

Menurut Irwan yang merupakan kader PKS ini, dalam prilaku organisasi unsur pekerja dan kerjasama merupakan hal yang rutin terjadi sebagaimana mestinya perjalanan organisasi sebelumnya.

"Dalam reformasi birokrasi ini yang lebih penting lagi adalah bagaimana kita menentukan kejelasan titik akhir atau tujuan  apa  yang akan dicapai," jelasnya.

Tentunya, lanjut Irwan, pencapaian tujuan melalui prosedur, program, pola (network), kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan. Selain pentingnya ketiga unsur tersebut, penciptaan lingkungan organisasi yang kondusif mutlak diperlukan dalam kesuksesan penyelenggaraan reformasi birokrasi.

"Hal ini dikarenakan organisasi merupakan sebagai suatu sistem terbuka yang berada di dalam sebuah lingkungan. Kegiatan organisasi akan merubah lingkungan dan juga sebaliknya lingkungan akan mendorong perubahan pada organisasi. Begitu juga iklim organisasi yang tercipta dalam interaksi antar personil yang terlibat di dalamnya," ungkapnya.[pr/dm/pksnongsa.org]


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar