Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » Prabowo-Hatta Tetap Pasang Status Agama dalam KTP

Prabowo-Hatta Tetap Pasang Status Agama dalam KTP


By: PKS Siak Sabtu, 21 Juni 2014 0


pkssiak.org - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP)  Bidang Organisasi dan Pemantapan Ideologi, Irgan Chairul Mahfiz, mengatakan jika pasangan calon presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memenangkan Pilpres mendatang, maka status pengisian kolom agama di Kartu Tanda Penduduk (KTP), tetap akan dipertahankan.

Karena sejauh ini manfaatnya dirasakan positif sebagai identitas keyakinan pemegangnya dan menciptakan kenyamanan bagi masing-masing pihak yang ingin menunjukkan identitas keberagamaannya. Termasuk secara tidak langsung dapat membangun suasana saling menghargai di antara para pemeluk agama yang memang tergolong beragam di tanah air.

Status agama pada KTP, kata Irgan, merupakan wujud pengakuan yang memenuhi prinsip dasar hak azasi manusia, serta dijamin berdasarkan konstitusi Undang-undang Dasar 1945.

"Jadi tidak perlu dihilangkan, toh orang selalu bangga dengan keyakinannya termasuk jika ditulis dalam KTP. Penghapusan hanya akan melukai perasaan umat beragama atau bangsa yang dikenal religius ini," ujarnya di Jakarta, Jumat (20/6).

Irgan menilai, adanya kolom isian agama di KTP tidak akan menimbulkan aspek negatif sama sekali, apalagi berpotensi melahirkan konflik di tengah kehidupan masyarakat akibat pencantumannya.

Pasalnya, suatu konflik dalam masyarakat tidak pernah diakibatkan oleh agama seseorang di sebuah KTP. Melainkan lebih melalui lemahnya penegakan hukum, ketidakadilan sosial ekonomi, juga salah satunya didorong oleh bentuk rekayasa tertentu yang ingin mengadudomba antarkelompok masyarakat.[jpnn/dm/pksnongsa.org]


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar