Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Yuk Jadi Petani Keren Sholihat!!!

Yuk Jadi Petani Keren Sholihat!!!


By: PKS Siak Rabu, 11 Juni 2014 0

pkssiak.org - "Petani Keren Solihat". Bukan tanpa kesengajaan jika ada komunitas bernama demikian. Memang itu adalah tujuan kami, biarpun petani, namun tetap keren plus sholihat pula! Mengapa Petani Keren? Padahal image masyarakat selama ini, petani selalu diasosiasikan sebagai sosok yang termarginalkan, yang kerjanya hanya berpanas-panas di sawah?

Lagi-lagi Bidpuan PKS! Bermula dari sekelompok ummahat (ibu-red) yang hobi menanam, gerakan cinta berkebun ini terus menjalar ke sekolah-sekolah Ibu binaan dengan nama -awalnya- urban farming. Para ibu yang memerlukan konsultasi, sharing maupun ikut 'narsis' pun membentuk sebuah grup dengan nama tersebut.
 
Subhanallah, Alhamdulillah. Penularan hobi untuk kembali bertanam ini sungguh selaras dengan banyak program pemerintah kota Bandung. Melalui pokja (kelompok kerja) 3 PKK, sebenarnya semangat untuk bertanam ini sudah dihembuskan. Ada program Rumah Sehat dan Pemanfaatan Tanah Pekarangan, baik untuk bertanam maupun Bank Sampah. Walau awalnya banyak program yang sulit berjalan.

Kini pemerintah kota Bandung, melalui Distan (Dinas Pertanian dan Ketahanan) kota Bandung, tengah menggalakkan kampung berkebun. Program ini sangat memerlukan relawan -yang kemudian disebut fasilitator-, untuk langsung berinteraksi dengan warga di RW terpilih. Subhanallah...yang luar biasa, banyak diantara akhwat (perempuan-red) anggota grup Petani Keren Sholihat ini yang ikut terlibat menjadi relawan. 
 
Walau dengan kondisi hamil tua, walau harus meninggalkan anak yang masih balita, walau harus mengatur waktu yang sudah demikian padat kesibukannya! Termasuk hari ini (8/6), kelompok Petani Keren Sholihat ini ikut dalam pelatihan fasilitator berkebun bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Kota bandung.
 
Semua selalu dilakukan dengan gembira, karena kami tahu, mengajak dan menularkan hobi bertanam ini sungguh mulia. Selain memang tujuan akhirnya agar warga mendapat tambahan penghasilan dari menanam, yang lebih penting adalah mengingatkan kembali : Bahwa bumi ini adalah amanah Allah bagi manusia. Dengan kita bertanam, mudah-mudahan kita bisa turut menjaga kelestariannya dan seperti istilah salah seorang teman, 'bersedekah oksigen'. 
 
Bismillah. In syaa Allah. Bekerja bukan demi apapun melainkan untuk mencari ridho Allah Ta'ala. Dengan tujuan ini, boleh dong jika kelompok ini menyebut dirinya Petani Keren Sholihat? [pkskotabandung]


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar