Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » Gubsu Minta Kontraktor Jalan Tidak Main-Main

Gubsu Minta Kontraktor Jalan Tidak Main-Main


By: PKS Siak Kamis, 04 September 2014 0


pkssiak.org, Binjai – Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho meminta kontraktor jalan tidak main-main dan tidak mengurangi spesifikasi yang sudah ditetapkan dalam pembangunan jalan agar jalan tidak mudah rusak.

"Saya ingatkan konsultan pengawas pekerjaan dan kontraktor untuk tidak main-main dalam pengerjaan jalan Ini," tegas Gubsu saat melakukan peninjauan proyek peningkatan struktur dan pemeliharaan jalan di Kota Binjai dan Kabupaten Langkat, Selasa (2/9).

"Saya sering dapat SMS dari masyarakat bertanya mengapa jalan yang sudah diperbaiki cepat sekali rusak. Saya minta speknya (spesifikasi) jangan dikurang-kurangi. Harus benar-benar diawasi," tegas Gubsu kepada konsultan pengawas.

Gubsu dalam tinjauan tersebut memantau langsung tahapan pengerjaan yang sedang dilaksanakan. Gubsu mengingatkan pimpinan proyek dan konsultan pengawas untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik, sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Saat berada di lokasi proyek peningkatan jalan Gatot Subroto di Binjai Barat, Gubsu menyaksikan antrean kendaraan berat dengan muatan berlebih di jalan yang penuh lubang dan bergelombang tersebut. Dari pantauan kendaraan truk yang melintas dari arah Kabupaten Langkat tersebut banyak mengangkut material pasir, batu dan hasil perkebunan berupa tandan buah segar sawit.

Menurut Sekda Kota Binjai, kendaraan yang melintas tersebut sudah melampaui batas muatan sehingga mempercepat rusaknya badan jalan di lokasi yang menghubungkan Binjai dan Langkat tersebut. Namun pihaknya sulit melarang masuknya truk-truk pengangkut material maupun hasil perkebunan.

"Kalau kami larang mereka demo dan berhenti di tengah jalan, sementara di sisi lain masyarakat di sekitar jalan juga sudah terganggu karena jalan yang rusak menimbulkan debu," jelas Sekda.

Dari hasil kunjungan, Gubsu menyatakan banyak faktor yang menghamba dan mempercepat rusaknya infrastruktur jalan, di antaranya tidak sinkronnya aturan yang diterapkan kabupaten/ kota terkait muatan kendaraan.

"Perda di satu kota memungkinkan kendaraan diperbolehkan melewati jalan dengan tonase tertentu, sementara jalan didisain dengan kapasitas yang lebih kecil dari aturan yang mereka tentukan," ujar Gubsu.

Gubsu kemudian meminta Dinas Binamarga untuk melakukan koordinasi dengan kabupaten/kota agar jalan yang sudah dibangun terjaga dengan umur yang sesuai.

“Kalau tidak, percuma saja dibangun kalau kendaraan yang lewat tonase yang melampaui kapasitas jalan akan cepat rusak," kata Gubsu lagi. (tajuk)


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar