Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Ini Jenis Batu-batu Mulia Hingga Akik yang Unik di Indonesia bagian 1

Ini Jenis Batu-batu Mulia Hingga Akik yang Unik di Indonesia bagian 1


By: PKS Siak Kamis, 28 Mei 2015 0

Pkssiak.org, Jakarta - Indonesia memiliki kekayaan alam melimpah dalam urusan bebatuan. Mulai dari intan yang berharga mahal hingga batu akik yang sedang naik pamor, berserak di bumi Indonesia.

Ahli geologi dan juga kolektor batu mulia Ir Sujatmiko yang sudah puluhan tahun menjelajah dan meneliti batu-batu di Indonesia memiliki sejumlah daftar jenis batu yang memiliki kualitas bagus.

“Di Indonesia nomor satu jelas intan, itu ada di bumi Kalimantan. Tambangnya ada di Martapura, ada juga di Sintang,” jelas Sujatmiko, Kamis (28/5/2015).

Menurut dia, Indonesia tak memiliki tambang batu seperti sapphire atau merah delima dan lainnya. Tapi jenis batu lainnya selain intan juga ada di Indonesia dan memiliki daya jual tinggi.

“Ada batu yang unik, namanya batuan oval atau Kalimaya. Ini hanya ada di Banten, batu ini memiliki warna-warna menarik yang memberikan ilusi. Ini batu yang unik dan juga mahal,” urai dia.

Batu kalimaya ini ditambang sejak tahun 1934, dahulu berserakan di sungai, tapi kini mesti menggali ke dalam tanah.

“Di dalam batu ini dilihat lewat miksrokopis itu ada gelembung kecil bundar tersusun rapi, di antara bundaran itu ada pori-porinya dan ada bagian yang kosong. Bagian kosong itu diisi air, kemudian bila terkena sinar matahari akan dibiaskan dan menghasilkan refleksi warna,” terang dia.

Sambung bagian 2

Detik



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..