Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Siak Mendunia, Pertanian adalah Perniagaan (2)

Siak Mendunia, Pertanian adalah Perniagaan (2)


By: admin Sabtu, 09 Mei 2020 0

_Pertanian adalah Perniagaan (2)_

**Agus Malik**

Ketahanan pangan adalah hal mendasar yang harus disiapkan keluarga Indonesia baik dalam kondisi pandemi (krisis) atau normal maka hal ini tidak boleh luput dari perhatian. Sebagai negara tropis yang agraris potensi sumber daya alam kita cukup melimpah karenanya pemanfaatannya bergantung pada kualitas sumber daya manusia yang harus terus ditingkatkan agar produktivitas lahan pertanian optimal dalam pemenuhan kebutuhan pangan. 

Keluarga sebagai pilar paling mendasar negara harus memiliki perhatian terhadap hal ini agar menjadi keluarga tangguh dibidang pangan minimal memanfaatkan lahan pekarangan yang ada.

Pangan Nabati dan Hewani

Berbicara ketahan pangan maka mencakup kebutuhan pangan nabati seperti padi, jagung, umbi, sagu, buah dan sayur-mayur juga pangan hewani bidang peternakan dan perikanan seperti sapi, ayam, kambing dan ikan hasil sungai serta laut.

Semua potensi pangan harus tersebut bisa tumbuh dan dikembangkan di negara kita dan tentunya hal ini bisa dikerjakan dalam skala kecil rumah tangga ataupun skala besar industri.

Kita masih miris menyaksikan masih banyaknya produk impor untuk mencukupi kebutuhan pangan Nasional seperti daging, buah dan sayur.

Saat pandemi terjadi dan sebuah negara mengisolasi rakyatnya maka kebutuhan pangan dalam negeri harus mampu memenuhinya. Situasi saat ini adalah momentum bagi negara kita untuk semakin menguatkan ketahanan pangan nabati dan hewani secara terintegrasi dalam skala negara atau daerah.

Siak adalah salah satu daerah yang memiliki potensi untuk menjadi mandiri dalam pengembangan pangan daerah. Lahan pertanian yang masih luas dengan padi sebagai komoditas utama harus terus ditingkatkan dengan kapasitas minimal setara dengan kebutuhan konsumsi lokal penduduk. 

Saat ini tata kelola pertanian belum terintegrasi dari hulu sampai hilir karenanya kedepan potensi besar ini harus menjadikan beras Siak tuan rumah di negeri sendiri bahkan mengangkat marwah negeri saat ia bisa menjadi produk unggulan  perniagaan yang bisa diekspor.

Peran Negara dalam Kedaulatan Pangan

Negara harus memastikan sektor ini terus menjadi prioritas karena kedaulatan pangan adalah kedaulatan negara. 
Tidak ada negara yang bisa eksis tanpa memiliki pondasi kemandirian pangan untuk itu perlu kerjasama semua pihak agar produk pertanian kita bisa membanjiri negara lain.

Negara harus memastikan sarana dan prasarana pertanian dengan baik mulai dari bendungan, irigasi, jalan produksi, benih, pupuk dan teknologi pangan. Negara harus hadir agar kemandirian pangan dan kesejahteraan rakyat menjadi daya topang kedaulatan negara

Pertanian adalah perniagaan salah satu ikhtiar untuk memastikan ketahanan pangan keluarga Indonesia (kondisi normal atau krisis) dan kesejahteraan petani serta rakyatnya

#AyoMenanam


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..