Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » Mentan Berharap Pramuka Dorong Anak Muda Aktif di Dunia Pertanian

Mentan Berharap Pramuka Dorong Anak Muda Aktif di Dunia Pertanian


By: Abol Ezz Kamis, 27 Juni 2013 0

pkssiak.org, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono berharap kegiatan pramuka mampu menjadi pendorong anak-anak muda untuk aktif terlibat di dunia pertanian. Peran anak muda dalam mengisi tenaga kerja di sektor pertanian sangat dibutuhkan, Rabu, (26/6).

Tenaga kerja muda, ujar Suswono, yang dibutuhkan di sektor pertanian adalah tenaga yang profesional dan berwawasan global. Mulai dari operator pelaksana sampai manajer di bidang agribisnis dari hulu sampai hilir.

"Saat ini kemampuan rata-rata petani dalam kegiatan budi daya sudah cukup memadai dan mampu bersaing dengan petani dari Thailand, Vietnam, Malaysia. Namun kemampuan petani dalam bidang pasca panen dan pengolahan hasil pertanian masih harus ditingkatkan," ujar Suswono.

Diharapkan, kata Suswono, Gerakan Pramuka Saka Tarunabumi yang berlangsung dari 25 sampai 30 di Lubukminturun, Padang mampu memberikan pelajaran kepada para anggota pramuka untuk bertani. Skill pertanian yang bisa diberikan antara lain, pembudidayaan, pasca panen, hingga pengolahan hasil pertanian.

"Ini akan memberikan pendidikan bagi generasi muda untuk meningkatkan daya saingnya di bidang pertanian. Di era global persaingan semakin ketat,"ujar Suswono.

Generasi muda, terang Suswono, juga perlu mempelajari teknik pertanian untuk mendukung industri alat dan mesin pertanian, industri mesin pengolahan hasil pertanian, dan industri mesin pertanian lainnya.

Pengembangan di sektor pertanian, Suswono melanjutkan, merupakan salah satu alat untuk meningkatkan dan menjaga kemandirian bangsa di bidang pangan. Dengan kemandirian maka bangsa bisa memiliki ketahanan dan kemampuan terus maju. (ROL)


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar