Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Hubungan Memanas, Mesir Usir Duta Besar Turki

Hubungan Memanas, Mesir Usir Duta Besar Turki


By: Abol Ezz Minggu, 24 November 2013 0


 
pkssiak.org - Kementerian Luar Negeri Mesir telah memerintahkan kepada Huseyin Avni Botsali, duta besar Turki di Kairo, untuk angkat kaki. Sebabnya, Pemerintah Mesir menuding Turki telah menyebarkan propaganda ketidakstabilan situasi di Mesir usai penggulingan Presiden Mohamed Morsi.
“Turki mencoba untuk mempengaruhi opini publik terhadap kepentingan Mesir, (membuat) pertemuan yang didukung organisasi yang berusaha untuk menciptakan ketidakstabilan di negara ini,” kata Badr Abdelatty, juru bicara Kementerian Luar Negeri Mesir, seperti dikutip Reuters, Sabtu (23/11/2013).
Turki selama ini vokal mengkritik penggulingan Morsi oleh militer, dengan menyebut peristiwa 3 Juli 2013 sebagai “kudeta yang tidak dapat diterima”. Kelompok Ikhwanul Muslimin Mesir yang merupakan pendukung Morsi diketahui memiliki hubungan dekat dengan Partai AK, partai yang berkuasa di Turki.
Keputusan Mesir untuk mengusir Botsali dari Kairo, dipicu pernyataan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan yang dinilai provokatif. Abdelatty mengatakan, Kairo mengambil tiga keputusan pada hari ini tentang hubungan diplomatik dengan Ankara.
”Pertama,mengusir duta besar Turki dan menurunkan tingkat hubungan kami. Kedua, menyatakan duta besar Turki persona non-grata (orang yang tidak diinginkan), dan ketiga kami tidak akan mengirim duta besar kami ke Turki,” ujar  Abdelatty.
Sebelumnya, Erdogan membuat komentar di Rusia pada Kamis lalu. Komentar itu berupa kecamannya atas peristiwa 14 Agustus 2013, di mana terjadi  penumpasan para pendukung Morsi oleh pasukan keamanan Mesir. Setidaknya 627 orang tewas di Rabaa al- Adawiya Square pada tanggal itu. (Sindo/brl/ds)


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar