Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Andaikan "Umar Bin Khatab" Jadi Presiden Indonesia

Andaikan "Umar Bin Khatab" Jadi Presiden Indonesia


By: Abol Ezz Jumat, 21 Februari 2014 0


pkssiak.org - Sepintas judul tulisan ini terkesan tidak menggunakan logika yang lurus, tidak ada relevansi langsung antara variabel Umar bin Khattab dengan Masa depan Indonesia. Silogisme Aristoteles pun tidak cukup memadai untuk memberikan interpretasi tentang tema tersebut, premis yang digunakan cenderung berandai andai sehingga konklusinya pun tidak pas. Satu satunya metodologi yang mungkin bisa digunakan dalam memetakan judul itu secara baik adalah “tafsir imajener” ( tafsir hayali ). Artinya jika saja protipe kepemimpinan Umar Bin Khattab hadir di tengah perhelatan pencalonan Presiden dewasa ini, maka ia layak jadi pemimpin dan memimpin Indonesia ke depan, atau dengan kata lain pimpinan Negara dengan prototpe seperti “Umar bin Khattab” lah yang akan mampu membawa negri Indonesia Nusantara ini  ke arah perubahan secara spektakuler dan mendasar.”.
 
Statemen  itu tidak berlebihan sebab boleh jadi carut marutnya bangsa Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini baik hukum, sosial atau ekonomi dll, di berbagai sektor diakibatkan karena aktor aktor elit di negri ini jauh dari prototipe ideal seorang pemimpin seperti Umar bin Khattab yang tegas, profesional, cerdas,  integritas yang tinggi,  berani mengambil resiko dan tangguh dalam penataan administrasi pemerintahan  tidak kalah pentingnya adalah komitmennya yang kuat terhadap nilai (agama). Dengan prototipe yang hampir sempurna itu Presiden seperti Umar mampu membawa pemerintahan Islam memasuki babak baru yang lebih baik dan siap bersaing secara fair dengan negara negara dan daerah daerah lain pada zamannya (seperti Persia dan Romawi)
 
Keberhasilan Umar dalam memimpin pemerintahan mendapat justifikasi dari beberapa pengamat politik dunia  tidak kurang dari Michael Hart yang memberikan komentar bahwa  “jika saja tidak karena usaha yang dilakukan Umar Bin Kattab pada waktu itu, maka Islam tidak berkembang seperti yang sekarang ini”
"Presiden" Umar Bin Kattab secara cemerlang telah berhasil melakukan  upaya-upaya mobilisasi internal dalam bentuk penataan administrasi kenegaraan dan berbagai penataan supra dan infra strukutr sebagai upaya memberikan pelayanan maksimal bagi komunitas sosial waktu itu, secara ekternal ia juga  telah berhasil membangun “image” negara negara adikuasa waktu itu (Persia dan Romawi) segan dan apresiatif terhadap negara yang dibangunnya.  Presiden Umar telah berhasil membangun stabilitas politik dan kondisi sosial pada titik stabil yang paling ideal dalam sejarah politik awal Islam.
Negara dan kekuatan Islam yang berada dibawah pemerintahan  Umar telah memasuki era penting dalam sejarah, dimana satu tata pemerintahan dan langkah politik serta penataan komunitas sosial tampil secara tegas dan jelas, prinsip persamaan dan persaudaraaan serta keadilan  telah menjadi fenomena tersendiri pada masa Presiden Umar Bin Khattab. Integrasi Umar yang hampir sempurna dalam menjalankan roda pemerintahan didukung oleh infrastruktur dan suprastruktur yang mapan, menjadi faktor dominan dalam menciptakan satu kestabilan politik dan sosial pada waktu itu.

Membangun Karakteristik Pemimipin
Potret buram dalam berbagai aspek bangsa Indonesia yang berlangsung hampir 10 tahun terakhir entah kapan segera berakhir, kekuatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) serta potensi potensi lain yang luar biasa di miliki Indonesia , sebenarnya cukup menjadi alasan untuk menempatnan Indonesia keluar dari berbagai keterpurukan. Dua variabel penting yang akan menjadi penentu wajah Indonesia baru ke depan adalah, “sistem dan tipologi pemimpin”. Memang agak sulit memetakan mana yang harus didahulukan, apakah sistem atau pemimpin yang kuat. Sebut saja kita kini berada pada titik nadzir dimana sistem dan tipe kepemimpinan kita kurang begitu menguntungkan bagi pembaharuan Indonesia. Andaikan itu situasi kita maka yang menjadi prioritas agenda dari dua pilihan tersebut adalah melahirkan pemimpin kuat yang dengan segala kekuatnnya akan punya keberanian membangun sistem yang kuat pula.
 
Kondisi paling mutahir bangsa Indonesia dihadapkan pada pilihan keharusan melahirkan seorang pemimpin yang tangguh , cerdas dan berani mengambil pilihan pilihan strategis. Modal yang satu ini akan menjadi momentum paling menentukan masa depan Indonesia. Ketika supremasi hukum tidak menemukan elan vitalnya, penataan administrasi negara semerawut, keadilan tidak bisa di temukan, tingkat kerawanan sosial menghawatirkan dan pemerataan ekonomi mengalami disparitas yang luar biasa, diperparah lagi pemikiran keagamaan masyarakat kita terjebak oleh imperialisme “permisif” (cenderung toleran pada hal hal yang dianggap tabu) yang berdampak pada hilangnya keseimbangan sosial dan krisis sosial ,  maka tidak bisa tidak Model kepemimpinan Umar bin Khattab harus menjadi alternatif teladan Presiden RI.
 
Paling Tidak ada tiga kata kunci yang menjadi kesuksesan Umar dalam membangun negara,
Pertama CINTA kepada nilai Integritas dan komitmen keagamaan yang begitu kuat. Sebuah penelitian yang dilakukan Sir Willian Muir, menunjukkan bahwa “faktor faktor yang membawa kesuksesan Umar dalam mengemban tugas negara dan pemerintahan pada masanya adalah terletak pada motivasi internalnya dan  loyalitasnya  terhadap  ajaran Tuhan”. Mengurus negara atau daerah, tidak semata didasarkan pada pilihan pilihan politik yang profan tetapi merupakan pertaruhan misi suci dihadapan Tuhan. 

Ini artinya bahwa komitmen yang kuat pada nilai, akan sangat membantu seorang pemimpin menyelesaikan agenda agenda besar negaranya. Indonesia sebuah negara yang begitu besar dengan berbagai agenda penting yang perlu penyelesaian tidak mungkin dapat diselesakan jika presidennya,  tidak memiliki komitmen yang kuat pada nilai keagamaan dan spiritualitas yang memadai, padahal komitmen pada nilai sangat membantu seseorang merumuskan visi dan misinya secara jernih dalam merancang sebuah tugas besar seperti negara ataupun daerah  Tidak salah jika teori SQ membuat simplikasi bahwa seseorang yang memiliki kecerdasan  spiritual yang tinggi, akan mampu membedah dan melihat peluang untuk pemecahan masalah yang dihadapinya. Itulah sebabnya mengapa Umar begitu kuat memegang nilai, ternyata itu pulalah yang menjadi motivator mengapa ia begitu tangguh dalam menata negaranya. Dalam pandangan Umar, komitmen pada nilai, akan sangat membantu menjernihkan pemikiran dan memperkaya inspirasi dalam mambangun negara, dan ini begitu penting maknanya bagi seorang pemegang kebijakan publik.
 
Komitmen pada nilai keagamaan akan melahirkan Intergritas, keikhlasan kejujuran yang tinggi, dan apabila ini dimiliki seorang presiden maka  akan sangat memperkuat kepercayaan publik, tidak saja dalam internal negara tetapi juga dalam skala international, dan itu dibuktikan oleh Umar, ketika ia memperoleh apresiasi begitu besar tidak saja dari kalangan rakyatnya tapi juga dari kalangan luar bahkan dari yang berbeda ideloginya.
 
Kedua, KERJA yang Profesional dan Inovatif, Tidak kurang dari sepuluh tahun masa pemerintah presiden Umar, telah banyak melahirkan kebijakan kebijakan starategis dalam pembaharuan sistem administrasi negara.  Seorang Doktor bernama Abu Rawwas Qol’ah Jiy, telah melakukan riset spektakuler tentang outobiografi Umar, dan ia telah menemukan tidak kurang dari 200 kebijakan strategis Umar dalam memimpin bangsanya menuju perubahan paling mendasar, dari mulai politik, ekonomi, militer, supremasi hukum dan administrasi negara. Umar dengan cermat telah menjalankan politik luar negrinya secara elegan, terbukti kawasan yang begitu luas dari mulai Syirya, Mesir, Iraq, Persia, Khuzistan, Armenia Azerbaijan dan Balukhistan telah berada dibawah kekuasaan pemerintah umar dan tanpa gejolak politik yang berarti. Pembentukan lembaga lembaga penunjang kekuatan negara seperti “Diwan” (serupa Departemen Keuangnan), “amsar” ( Pusat Pusat militer yang kemudian berkembang menjadi kota kota besar ), “Qadhi” (Semacam lembaga peradilan) dan lembaga penting lainnya adalah salah satu prestasi besar presiden umar dalam membangun negara yang membentang dari kawasan Syirya sampai Azerbaijan, Ini menjadi indikator bahwa Umar memiliki tingkat profesionalisme dan inovasi yang kuat.
 
Negara Indonesa yang begitu luas membentang dari Sabang sampai Merauke dengan segala kompleksitas persoalan, dari mulai politik, ekonomi, sosial, budaya dan hukum, mustahil akan bisa di selesaikan dengan hasil baik tanpa presiden yang mempunyai karakter penuh CINTA, KERJA,HARMONI yang profesional dan inovatif. Sebuah teori (yang terinspirasi dari haditsa rasul) mengemukakan “bahwa salah satu sebab runtuhnya kekuatan negara dan ambruknya bangsa karena dipimpin oleh presiden yang tidak profesional dan tidak inovatif”. Dalam kontek kepentingan inilah kita merasa perlu menjaring calon calon pemimipin negara Indonesia  pilihan dengan standar  CINTA, KERJA,HARMONI yang profesional dan inovatif. Rakyat Indonesia pada umumnya sudah cermat selektif dalam melakukan pilihan itu walaupun Survei dan pemberitaan media yg selalau tidak sesusi dangan fakta yang ada.
 
Ketiga Tegas dan Berani penuh HARMONI. Salah satu faktor yang ikut memberikan sumbangan terbesar bagi keruntuhan suatu bangsa adalah karena lemahnya supremasi hukum. Ketika Indonesai dewasa ini sedang dilanda krisis moral dalam bentuk meningkatnya angka kriminalitas dengan berbagai formulasinya, maka karakter presidan yang memiliki sikap tegas dan berani mengambil resiko merupakan tuntutan paling mendesak tidak terintervensi oleh kebijakan negara lain seperti amerika atau Australia. Sebab ambivalensi pemimipin dalam mengambil tindakan hukum akan semakin memperburuk potret Indonesia , apalagi Indonesia tengah diterpa musibah konflik sosial begitu rupa, dan fenomena sparatisme yang pasti akan mengancam keutuhan bangsa, maka sikap tegas dan berani mengambil keputusan menjadi satu satunya pilihan.
 
Intervensi dan imperialisme asing yang sering kali kurang menguntungkan posisi Indonesia dalam berbagai bentuknya dari mulai hukum, ekonomi politik dan budaya, akan dapat diminimalisir  dengan sikap tegas dan keberanian mengambil sikap seorang presiden. Hilangnya ketegasan dan keberanian akan berdampak pada terjebknya Indonesia dan daerah kita pada ketergantungan yang berlebihan pada negara lain, dan ini akan menciptakan iklim yang kurang kondusif bagi politik luar negri kita.
 
Di bidang penegakan hukum, apa yang pernah dilakukan Umar, cukup menjadi contoh ideal bagi presiden, atau pemimpin pemimpin daerah Indonesia baik Gubernur atau Bupati/Walikota masa depan. Umar telah membangun egalitarianisme dan persamaan hak dimata hukum begitu rupa. Persamaan perlakukan hukum dalam masyarakat waktu itu tidak terhalang oleh sekat sekat primodialisme bahkan persaudaraan sekalipun. Salah satu bukti historis misalnya, dengan tangannya sendiri Umar telah melakukan ekskusi pidana bagi anaknya sendiri yang kebetulan ditemukan melakukan pelanggaran berat. Umar juga berani melakukan  kebijakan penting dalam bidang hukum terhadap pengguna barang barang terlarang “Khamar”, dengan tingkat hukuman yang maksimal,  dan dampaknya sangat luar biasa, tingkat kriminalitas pada masa pemerintahan Umar menurun drastis.
 
Demi kepentingan negara di masa depan, Umar seringkali cukup berani mengambil kebijakan kebijakan kontroversial di tengah publik, misalnya berkaitan dengan retribusi pajak bagi kalangan pemilik tanah, penahanan harta rampasan perang guna pembiayaan negara, penggajian pegawai negara, angkatan perang militer dan veteran yang disesuaikan dengan tingkat keahlian dan masa pengabdiannya pada negara, bahkan keberaniannya memecat panglima perang yang diduga menyalahi perintah negara

Indonesia masa depan, bagaimanapun tidak bisa diserahkan pada pemimpin yang lemah, Pemimpin Indonesia masa depan harus tangguh, professional, inovatif penuh dengan karakter CINTA, KERAJA yang HARMONI dan yang terpenting adalah komitmen dan integritasnya pada nilai yang kuat. Karakteristik pemimipin seperti itupun tidak ada salahnya jika menjadi parameter kepempinan Presiden RI. Indonesia ke depan idealnya harus dipimpin oleh seorang figur yang memiliki ketangguhan sebagaimana tersebut di atas. Semoga saja prosesi politik Pileg & Pilpres yang akan segera berlangsung di Indonesia tercinta ini tidak hanya merupakan pilihan pilhan politik ansich yang cenderung profan tapi lebih dari itu sebagai upaya pencerahan untuk melahirkan pemimpin baru yang membawa misi Indonesia lebih baik dan sebuah amanah sakral dari Tuhan. Aamin

Sofyan Ahlaf
Ketua Yayasan Pendidikan Da’wah & Sosial Latifah Ciwaringin Cirebon


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..