Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » "Cah-cah PKS ora duwe wudel"

"Cah-cah PKS ora duwe wudel"


By: Abol Ezz Minggu, 09 Februari 2014 0


pkssiak.org - Oleh : A.A Maksum
(Kabid Hubungan Publik dan Keuamatan)

“Dasar! Cah-cah PKS pada ora duwe wudel !”, kalimat itu terlontar dari seorang simpatisan PKS kepada saya. Kebetulan kami sama-sama berbahasa “Jawa Ngapak”. Maksudnya adalah “anak-anak PKS tidak punya rasa lelah”.

Dia mengatakan hal itu untuk menanggapi beberapa kegiatan sosial PKS Kelurahan Serdang, Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat yang terus menerus bahkan belakangan marathon.

1. Posko Siaga Banjir 18-19 Januari 2014

Semula, kami berencana melaksanakan Yankes (pelayanan kesehatan) pada hari Ahad 19 Januari 2014 di wilayah RT 01/RW 01 Serdang, tetapi mulai tanggal 18 (Hari Jum’at malam Sabtu) jam 12 malam, kami kedatangan “tamu” berupa banjir besar. Akhirnya acara tersebut diundur menjadi tanggal 19 Januari 2014.

Banjir ini yang terbesar di Serdang, terutama wilayah RW 7 ada yang sampai setinggi paha. Sedangkan di wilayah RW lain tidak separah itu, walaupun air menggenang sampai 2 hari 2 malam. Warga banyak yang mengungsi di tempat lain, termasuk keluarga penulis sendiri.

Kejadian seperti ini mengetuk pintu hati para kader untuk membantu meringankan warga yang terkena dampak banjir. Kami mengirimkan pesan Cinta dengan Kerja Nyata kepada warga, maka didirikanlah POSKO SIAGA BANJIR di wilayah RW 7. Disini kami mengadakan pelayanan kesehatan dan pembagian bingkisan. Sedangkan untuk wilayah lain seperti RW1,2,3,4,5 dan 6. pembagian bingkisan dilakukan dengan diantar oleh relawan dan kader PKS kepada warga

2. Yankes (Pelayanan Kesehatan) RT 01/RW 01 tanggal 26 Januari 2014

Kegiatan ini sepertinya sudah menjadi “trade mark” PKS Ranting Serdang, karena setiap acara PKS Serdang, selalu menyertakan Yankes, misalnya Sembako Murah, BarbeQu dan Senam. Pertimbanganya adalah Yankes kegiatan berbiaya rendah, memiliki daya jangkau yang luas dan mempunyai peluang untuk berakrab-akrab dengan warga, terutama saat konsultasi. Bisa juga tidak memerlukan tempat, cukup berkeliling kampung dengan bawa alat kesehatan. Adapun bentuk pelayananya adalah pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol, tensi darah, timbang badan dan konsultasi semuanya gratis. Saya  adalah PJ (Penanggung Jawab Tim Kesehatanya).

Yankes di wilayah RT 01/RW 01 ini, diikuti oleh 86 peserta dari target 100 orang.Acara ini juga disisipi jaring aspirasi dari warga.

3. Yankes di RT 04/RW 04 tanggal 31 Januari 2014


Yankes di RT 04/04 Serdang ini, diikuti oleh 109 peserta, (Foto suasana Yankes 31 Jan di RW 04 Serdang). Acara ini juga disisipi pula jaring aspirasi dengan penuh keakraban.

4. Posko Siaga Banjir 5-6 Februari 2014

Rupanya banjir masih mengintai Jakarta, walaupun kabarnya Depok dan Bogor tidak hujan, kalau Jakarta Hujan besar, banjir juga. Hujan besar mulai setengah empat pagi hari Rabu.

Kali ini tantangannya beda, karena sejumlah kader sudah terlanjur berangkat kerja, termasuk “Lurah PKS” Serdang Ust. Slamet, SPd. Akhirnya beberapa orang yang tersisa bersepakat untuk rapat darurat di rumah Ust. Slamet sekaligus menjadikanya sebagai Posko Siaga Banjir jam 9.00 tit.yaa jam 9 baru kami bisa ngumpul, karena kader juga manusia, mesti beresin rumah masing-masing dulu.

Tidak basa basi dan banyak pembahasan, baksos kali ini akan membagikan bingkisan dan nasi bungkus. kami langsung action sesuai pembagian tugas masing-masing.Saya dan Usman beli logistic dan 7 orang lainya packing.

Dalam perjalanan setelah membeli logistic, motor kami mogok, alhasil, saya harus mendorong motor sampai posko. Setelah selesai packing, kami pun mendistribusikannya ke warga.


Setiap kami mengadakan kegiatan, Alhamdulillah selalu disambut warga dengan welcome dan antusias, bahkan ada yang turut menyumbang. Contohnya ketika Yankes  di RT 02 RW 04 Desember lalu, stik kolesterol habis, ada seorang warga setempat menyumbangkan stik tersebut, ada juga yang neminjamkan alat, dan bahkan menyediakan makan siang.. Wow sungguh menambah semangat kami untuk terus bekerja :)

Semoga kegiatan tersebut menjadi bagian amal sholih yang diridhoi Allah swt. Amiin...


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..