Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » Survei OSI: Di Jatim Prabowo-Hatta 39,04% dan Jokowi-JK 32,32%

Survei OSI: Di Jatim Prabowo-Hatta 39,04% dan Jokowi-JK 32,32%


By: PKS Siak Kamis, 19 Juni 2014 0


pkssiak.org - Oranye Survei Indonesia (OSI) telah melakukan survei di wilayah Jawa Timur pada 24 Mei-2 Juni 2014. Populasi dalam survei ini adalah pemilih di Jawa Timur yang terdapat di DPT KPU.

Di wilayah Jawa Timur pasangan Prabowo-Hatta unggul dengan 39.04% dan Jokowi-JK 32,32%. Sebesar 9,97% tidak menjawab dan 18,67% belum tahu.

Basis suara Prabowo-Hatta tersebar di Sidoarjo, Pasuruan, Bojonegoro, Jombang, Bangkalan, Banyuwangi, Tuban, Jember, Lamongan, Gresik, Probolinggo, Nganjuk, Mojokerto, Sampang, Tulungagung, Pamekasan, Malang, Situbondo, Ngawi, Magetan, Pacitan, Kota Malang, Kota Kediri, Kota Batu, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan dan Kota Mojokerto. Sedangkan Jokowi-JK mendominasi di Kota Surabaya, Blitar, Ponorogo, Kediri, Lumajang, Sumenep, Bondowoso, Madiun, Trenggalek dan Kota Madiun. Pasangan Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK imbang di Kota Blitar.

Jawa Timur secara sederhana dapat dibagi menjadi empat sub budaya yaitu; Arek, Madura, Mataraman dan Tapal Kuda. Kedua pasangan capres-cawapres yang saat ini berkompetisi, masing-masing memiliki basis suara di sub budaya tersebut.

OSI mencatat pasangan Jokowi-JK memiliki komposisi pemilih di sub budaya Arek sebesar 21%, Madura 15%, Mataraman 48% dan Tapal Kuda 16%. Sedangkan pasangan Prabowo-Hatta memiliki komposisi pemilih di sub budaya Arek sebesar 16%, Madura 12%, Mataraman 45% dan Tapal Kuda 27%.

Pemilih dalam sub budaya Mataraman dan Arek menempati urutan tertinggi dalam komposisi swing votter, dengan rincian sebagai berikut 46% Mataraman, 24% Arek, kemudian 22% Tapal Kuda dan 8% Madura.

"Karakteristik sub budaya Mataraman yang paternalistik dan menjunjung solidaritas, gotong royong namun kurang terbuka dalam mengemukakan pandangan sedikit berbeda dengan karakter budaya Arek yang lebih tegas dan terbuka terhadap perubahan walaupun juga memiliki persamaan dalam solidaritas yang kuat," papar Agus Wahyudi, Direktur Eksekutif OSI dalam keterangan tertulisnya kepada merdeka.com, Kamis (19/6).

Agus menambahkan wilayah Mataraman selama ini secara politik dikenal sebagai basis suara nasionalis, di budaya Mataraman figur calon sangat penting karena pemilih di wilayah ini lebih mengedepankan pertimbangan emosional bukan rasional. "Capres dan cawapres harus bisa membuat koneksi emosional dengan para pemilih," katanya.

Pada basis dukungan kab/kota pasangan Jokowi-JK unggul dari pasangan Prabowo-Hatta di 10 kab/kota di Jatim. Dan 27 kab/kota lainnya di Jatim pasangan Prabowo-Hatta unggul dari Pasangan Jokowi-JK.

Survei yang dilakukan oleh Oranye Survei Indonesia (OSI) ini di laksanakan pada tanggal 24 Mei 2 Juni 2014 dengan total sample yang tervalidasi sebanyak 1.414 tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, margin eror + 2,6% pada tingkat kepercayaan 95%. Pengambilan sample menggunakan metode multistage random sampling.

*http://www.merdeka.com/politik/survei-osi-di-jatim-prabowo-hatta-3904-dan-jokowi-jk-3232.html


:: PKS PIYUNGAN


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar