Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » Survei Terbaru LSN: Prabowo-Hatta 46,6%, Jokowi-JK 39,9%

Survei Terbaru LSN: Prabowo-Hatta 46,6%, Jokowi-JK 39,9%


By: PKS Siak Senin, 30 Juni 2014 0


pkssiak.org, Jakarta - Hasil survei terbaru yang dilakukan Lembaga Survei Nasional (LSN) menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta) mengungguli Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Bahkan, bila Pilpres 2014 digelar pada saat survei dilakukan, pasangan Prabowo-Hatta melesat jauh mengungguli Jokowi-JK.

Peneliti utama LSN Dipa Pradipta mengatakan, berdasarkan hasil survei yang dilaksanakan dalam rentang waktu 23 sampai 29 Juni 2014, elektabilitas pasangan Prabowo-Hatta jauh lebih unggul yaitu sebesar 46,6% dibanding Jokowi-JK dengan tingkat elektabilitas sebesar 39,9%.

"Secara umum, Prabowo-Hatta lebih unggul dibanding Jokowi-JK. Sedangkan sebanyak 13,5% belum memutuskan memilih pasangan yang mana," ujar Dipa di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Minggu (29/6/2014).

Menurut Dipa, secara umum Prabowo-Hatta jauh lebih unggul atas Jokowi-JK di Indonesia bagian barat, atau di wilayah-wilayah berpenduduk padat. Sedangkan Jokowi-JK banyak dipilih di Indonesia bagian timur yang akumulasi jumlah pemilihnya tidak begitu besar.

"Prabowo-Hatta jauh lebih unggul di wilayah Sumatera dan sebagian wilayah Jawa. Di 2 pulau itu, jumlah pemilih cukup besar. Sedangkan Jokowi unggul di wilayah-wilayah Indonesia timur seperti di Pulau Kalimantan dan sebagian Indonesia timur seperti Papua," ucapnya.

Sedangkan tingkat swing voters atau responden yang sudah memilih Prabowo-Hatta maupun Jokowi-JK namun masih ragu-ragu, masing-masing menurut Dipa hanya tinggal sekitar 11%.

"Sementara tingkat kemantapan pendukung kedua belah pihak terus meningkat, masing-masing sudah mencapai sekitar 88%," ucapnya.

Berdasarkan hasil temuan survei tersebut, Dipa pun berkesimpulan, temuan LSN tersebut menunjukkan bahwa selama Juni 2014, tidak ada perubahan elektabilitas yang cukup jauh untuk Prabowo-Hatta maupun Jokowi-JK.

"Tingkat elektabilitas dua pasangan sebagaimana ditemukan dalam survei LSN 1 sampai 8 Juni 2014 dengan survei saat ini pada 23 sampai 26 Juni cenderung stabil. Kesimpulan kami, pasangan Prabowo-Hatta masih tetap leading atas Jokowi-JK," ujarnya.

Survei tersebut dilakukan di 34 propinsi di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini merupakan seluruh penduduk Indonesia yang sudah memiliki hal pilih dan tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

Jumlah sampel sebanyak 1.070 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara rambang berjenjang (multistage random sampling), dengan simpangan kesalahan (margin of error) sebesar 3,0% dan tingkat kepercayaan 95%.  Sedangkan pengumpulan data dilakukan menggunkan teknik wawancara dengan responden menggunakan telepon. (Rmn/liputan6)


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar