Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Akibat Mursi Dikudeta, Sekarang Bantuan ke Gaza Tak Bisa Masuk Tertahan di Mesir

Akibat Mursi Dikudeta, Sekarang Bantuan ke Gaza Tak Bisa Masuk Tertahan di Mesir


By: PKS Siak Jumat, 01 Agustus 2014 0

Perbatasan Rafah, batas Gaza-Mesir

pkssiak.org - Pasca dikudetanya Presiden sah Mesir Muhammad Mursi, rakyat Palestina semakin menderita. Berbagai bantuan kemanusiaan dari seluruh penjuru dunia sampai sekarang masih belum bisa masuk ke Gaza akibat rezim kudeta As-Sisi yang menghambat bantuan. Karena untuk sampai ke Gaza harus lewat Mesir. Dulu sewaktu Mursi berkuasa, bukan hanya dipermudah tapi para tentara yang menjaga perbatasan juga sangat ramah. Sekarang sungguh terbalik kondisinya.

Seperti diberitakan republika online, Pengiriman bantuan untuk rakyat Palestina kembali terhambat perizinan dari pemerintah Mesir. Akibatnya, sejumlah organisasi kemanusiaan belum dapat menyampaikan hasil penggalangan dana. Padahal masyarakat Palestina yang masih digempur tentara Israel sangat membutuhkan pertolongan awal untuk pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari di tengah situasi perang.

“Kalau dulu pada 2008-2009, penyerahan bantuan bisa sampai ke Rafah dan dari sana bantuan disampaikan, tapi sekarang, pengiriman bantuan untuk masuk ke Sinai saja sudah tidak bisa,” kata salah satu penggagas organisasi nirlaba Medical Emergency Rescue-Committee (MER-C) Joserizal Jurnalis kepada ROL pada Jumat (1/8) saat dihubungi melalui telepon.

Ia menduga, sulitnya perizinan dalam menjangkau Palestina melalui Mesir akibat tengah terjadi konflik internal di negeri piramida itu. Pergolakan internal di Mesir terutama di kawasan Sinai dan Kairo, lanjut dia, membuat pemerintah Mesir menutup sementara akses menuju ke sana. Otomatis, keterjangkauan bala bantuan menuju Paletina pun menjadi terhambat.

Makanya, MER-C yang telah mengirimkan tim kemanusiaan sejak Ramadhan hingga saat ini masih berupaya melakukan lobi dengan Mesir, di samping tetap juga mengirimkan bantuan dengan jalan lain dengan segala keterbatasannya. Misalnya dengan melakukan transfer uang untuk nantinya dibelanjakan oleh tim yang memang sudah berada di Palestina.

“Bantuan secara langsung lebih kita utamakan,” lanjutnya.

Jose pun meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk turun langsung, melakukan lobi dan diplomasi kepada Presiden El Sisi, agar pengiriman bantuan dari Indonesia ke Palestina bisa lancar. Sebab dalam melakukan lobi, Negara lah yang paling berwenang dan berkompeten untuk melakukan upaya diplomasi.

“Tidak cukup dengan surat terbuka atau lobi jarak jauh, tolong Presiden meluangkan waktu sekitar lima hari saja, bicara dengan El Sisi,” katanya.[pkspiyungan.org]


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar