Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Sinergi Otak Kanan dan Kiri, Benarkah Bisa Dilatih dengan Senam Otak?

Sinergi Otak Kanan dan Kiri, Benarkah Bisa Dilatih dengan Senam Otak?


By: PKS Siak Rabu, 20 Mei 2015 0

Jakarta - Beragam cara bisa dilakukan untuk melatih otak agar kemampuannya tidak cepat menurun seiring bertambahnya usia. Salah satunya seperti yang banyak ditawarkan di internet adalah senam otak, yang diklaim bisa menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan.

"Otak tidak perlu di apa-apakan. Otak sudah seimbang kok, otak sudah bersinergi dalam semua hal," kata dr Roslan Yusni Al Imam Hasan SpBS dari RS Bethsaida Serpong, seperti ditulis Rabu (20/5/2015).

Menurut dokter yang akrab disapa dr Ryu ini, segala macam ekspresi manusia merupakan hasil sinergi otak. Mulai dari ekspresi benci, marah, menangis, dan sebagainya, adalah hasil kerja otak yang bersinergi dengan baik. Tanpa perlu dilatih, otak sudah bisa menemukan sinerginya sendiri.

Kalaupun ada latihan untuk otak, tujuannya menurut dr Ryu adalah untuk menjaga fungsi kognitif. Itupun bukan dilakukan dengan senam otak, melainkan dengan cara rajin belajar. Sebagai contoh, seseorang yang rajin membaca cenderung lebih terjaga dari risiko pikun.

"Sering-sering menggunakan otak dengan hal baik dijamin bikin otak kita jadi lebih berkualitas jangka pendek dan panjang," saran dr Ryu.

Sementara itu dr Yuda Turana, SpS dari Fakultas Kedokteran UNIKA Atma Jaya mengatakan bahwa senam vitalitas otak bisa menstimulasi fungsi kognitif dan fungsi keseimbangan otak. Senam vitalitas otak ini melalui gerakan-gerakannya menstimulasi berbagai struktur di otak.

Detik



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..