Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » 3 Solusi Atasi Lelah saat Berpuasa

3 Solusi Atasi Lelah saat Berpuasa


By: admin Selasa, 16 Juni 2015 0

PKS SIAK, KHAWATIR aktivitas Anda menurun saat berpuasa? Walaupun bukan bulan ramadhan, tapi diantara kita bisa jadi ada yang sedang berpuasa sunnah di hari Senin dan Kamis ada juga diantara kita juga yang sedang berpuasa mengqodo ataupun yang lainnya.

Biasanya kita dihantui karena rasa ketakutan untuk hari-hari puasa sunnah ataupun yang lain dan biasanya kita sering dihantui rasa malas dan lemah saat berpuasa. Kini ada tiga langkah berikut ini yang akan membuat Anda tetap bugar.

Langkah pertama (Ganti Waktu Tidur):
Tidak adanya asupan makanan dan minuman di siang hari dan bangun dini hari untuk sahur bisa membuat tubuh melemah dan menimbulkan kantuk selama berpuasa. Tidur sejenak setelah dhuha atau di siang hari akan me-re-charge tubuh dan menggantikan waktu tidur yang hilang saat sahur. Tapi jangan tidur terlalu lama karena akan membuat tubuh anda menjadi lemas.

Langkah kedua (Tetap beraktifitas):
Berpuasa bukan alasan untuk mengurangi aktivitas secara drastis. Tidak melakukan sesuatu seharian justru membuat berpuasa makin berat. Tetap lakukan hal rutin, kurangi aktivitas berat secara bertahap. Jika Anda biasa berolahraga, lakukan olahraga ringan dengan durasi singkat beberapa jam sebelum waktu berbuka.

Langkah ketiga (Cukupkan nutrisi):
Asupan nutrisi dan vitamin yang cukup saat berpuasa akan menjaga tubuh tetap segar dan sehat. Bukan sekedar vitamin, kalsium merupakan nutrisi penting yang harus diperhatikan selama berpuasa. Kekurangan kalsium akan menyebabkan kelelahan dan penurunan imunitas. Kebutuhan kalsium untuk usia 19-50 tahun adalah 1000 miligram per hari.

Tips ini insya Allah dapat membantu Anda dalam aktivitas sehari-hari. []

Sumber: Majalah Ummi cetakan tahun 2011

Islampos



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..