Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » BPS catat inflasi Mei 0,5 persen

BPS catat inflasi Mei 0,5 persen


By: PKS Siak Senin, 01 Juni 2015 0

PKS SIAK, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka inflasi di bulan Mei 2015 sebesar 0,5 persen. Nilai tersebut naik 0,14 persen dibanding bulan April sebesar 0,36 persen.

Sedangkan, untuk inflasi di tahun kalender, BPS mencatat 0,42 persen dan inflasi year on year (YoY) sebesar 7,15 persen. Sedangkan untuk inflasi komponen inti sebesar 0,23 persen, inflasi inti tahun ke tahun 5,04 persen.

Kepala BPS Suryamin mengatakan sebanyak 81 kota di Indonesia mengalami inflasi dari 82 kota Indeks Harga Konsumen (IHK). "Inflasi tertinggi terjadi di Palu, Sulawesi Tengah dengan angka 2,24 persen," ujar Kepala BPS Suryamin kepada wartawan, di Gedung BPS Jakarta Pusat, Senin (1/6).

Suryamin menambahkan saat ini di Palu terjadi kenaikan harga sejumlah bahan makanan pokok seperti ikan laut, cabai merah dan cabai rawit. "Sedangkan untuk yang terendah di kota Singkawang sebesar 0,03 persen, dan kota yang terjadi deflasi adalah di Pangkal Pinang, 0,51 persen," tuturnya.

Kendati demikian, lanjut Suryamin, pihaknya mengapresiasi terhadap pengendalian inflasi yang dilakukan tiap daerah. Pasalnya, terdapat 45 kota di IHK di mana inflasi terjadi di bawah 0,5 persen.

"Dari 82 kota IHK, ada sekitar 45 kota inflasinya di bawah 0,5 persen. 17 kota malah di bawah 0,3 persen. Artinya pengendalian inflasi di seluruh daerah kota IHK terlihat cukup bagus," jelasnya.

Merdeka



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..