Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » DPR Minta Seluruh Blok Rokan Dikelola Pertamina

DPR Minta Seluruh Blok Rokan Dikelola Pertamina


By: PKS Siak Jumat, 05 Juni 2015 0

PKS SIAK, JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR RI Nasyirul Falah Amru meminta Pemerintah agar Pertamina mengelola sepenuhnya Blok Rokan Riau yang akan habis kontrak dengan PT. Chevron Pacifik Indonesia pada 2021.

''Blok Rokan harus sepenuhnya dikelola Pertamina,'' kata Falah di Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Sebelumnya, Kepala Unit Pengendali Kinerja Kementerian ESDM Widhyawan Prawiraatmadja mengatakan, sesuai Permen ESDM No. 15 Tahun 2015, Chevron selaku kontraktor lama dari Pertamina memang bisa sama-sama mengajukan pengelolaan blok habis kontrak. “Namun pemerintah akan memprioritaskan pengelolaan blok habis kontrak ke Pertamina,” ujarnya.

Menurut Widhyawan semangat Permen ESDM 15/2015 adalah memprioritaskan Pertamina untuk mengelola blok-blok habis kontrak khususnya dengan produksi migas besar yang dikelola perusahaan asing sudah cukup lama.

Menurut Falah, PT. Chevron sudah 50 tahun menguasai Blok Rokan. Maka itu sudah saatnya pemerintahan Jokowi – JK mengambil alih pengelolaannya ke Pertamina.

Hal ini, kata Falah sejalan dengan semangat Nawa Cita untuk menunjukkan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

“Pengelolaan Blok Rokan oleh Pertamina merupakan salah satu bagian mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik,” jelas politikus PDIP ini.

Ia menegaskan, saat ini masih ada waktu sekitar enam (6) tahun bagi Pertamina untuk mempersiapkan diri sebelum mengambil alih Blok Rokan untuk sepenuhnya dikelola. Misalnya, mempersiapkan SDM, cetak biru (blue print) Pertamina untuk mengelola Blok Rokan, dan alih teknologi.

“Sebagai operator yang akan menggantikan Chevron, persiapan ini sangat penting agar nantinya ketika Pertamina mengelola sepenuhnya Blok Rokan target nasional terpenuhi,” ujar Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini.

Sumber Goriau



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..