Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Gubernur Irwan Berikan Piala Bergilir Festival Randai

Gubernur Irwan Berikan Piala Bergilir Festival Randai


By: admin Jumat, 12 Juni 2015 0

PKS SIAK, MINANGKABAU (9/6) – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memberikan sebuah piala bergilir kepada panitia Festival Randai. Festival Randai merupakan acara garapan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumatera Barat yang tergabung dalam acara Pesona Seni Budaya Ranah Minang Tingkat Provinsi. Pemberian piala bergilir oleh Gubernur tersebut sebagai pertanda bahwa nantinya Festival Randai ini akan dilakukan secara rutin tiap tahunnya.

Festival Randai yang tahun ini mengangkat tema “Melalui Festival Randai Kita Lestarikan Seni Tradisional yang Berkarakter” dilaksanakan di Taman Budaya Sumatera Barat sejak Selasa (9/6).

Randai adalah salah satu permainan tradisional di Minangkabau yang dimainkan secara berkelompok dengan membentuk lingkaran, kemudian melangkahkan kaki secara perlahan, sambil menyampaikan cerita dalam bentuk nyanyian secara berganti-gantian. Randai menggabungkan seni lagu, musik, tari, drama, dan silat menjadi satu.

Cerita Randai biasanya diambil dari kenyataan hidup yang ada di tengah masyarakat. Fungsi Randai sendiri adalah sebagai seni pertunjukan hiburan yang didalamnya juga disampaikan pesan dan nasihat. Semua gerakan Randai dituntun oleh aba-aba salah seorang diantaranya, yang disebut dengan janang.

Peserta yang mengikuti Festival Randai tahun ini berjumlah 14 kelompok, dimana tiap-tiap kelompok berjumlah sekitar 25 orang. Para peserta juga terlihat sangat bersemangat mengikuti festival ini.

Menurut Gubernur Irwan, Festival Randai merupakan bentuk kepedulian terhadap Budaya Minang. Karena menurutnya adat kebudayaan Minangkabau sangat banyak sekali, dan ia berharap melalui Festival ini bisa melestarikan Budaya Minang, dan mengurangi degradasi budaya.

“Sedangkan untuk para peserta Festival Randai, saya berharap ajang ini bisa meningkatkan kemampuannya untuk terus bersaing dan menciptakan pemuda dan pemudi yang memiliki moral yang tinggi,” pungkas Gubernur Irwan.

Sumber pks.or.id



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..