Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Kemah Budaya Nasional 2015, Anies Baswedan: Saatnya Pramukanisasi

Kemah Budaya Nasional 2015, Anies Baswedan: Saatnya Pramukanisasi


By: admin Jumat, 05 Juni 2015 0

PKS SIAK, SIAKSRIINDRAPURA - Dunia pendidikan Indonesia patut belajar dan berterima kasih kepada Gerakan Pramuka. Selain sudah menjadi wadah pendidikan karakter anak bangsa sejak puluhan tahun lalu, kini salah satu konsep pendidikannya telah diadopsi oleh dunia pendidikan kontemporer, yaitu konsep Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK). Istilah kerennya di dunia pendidikan saat ini adalah ''Gamefication'' atau konsep penerapan permainan ke dalam dunia pendidikan.

Demikian disampaikan oleh Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan, ketika membuka Kemah Budaya Nasional 2015 di Kabupaten Siak, Riau, Kamia (4/6/2015). Sekitar 1000 anggota Pramuka tingkat penggalang hadir dari 34 provinsi di Indonesia plus dari penggalang Malaysia.

Menurut Anies Baswedan, konsep SKU dan SKK ini menandakan bahwa anggota Pramuka memiliki banyak sekali jalur kesuksesan, tanpa harus mengorbankan minat dan bakat dirinya. Mereka dapat berlomba-lomba menampilkan, misalnya atribut SKK-nya, tanpa harus seragam dengan temannya.

''Ini konsep pendidikan yang luar biasa! Setiap orang didorong menjadi versi terbaik dari dirinya, tanpa harus memaksakan diri menjadi seperti orang lain. Inilah budaya kompetisi konstruktif yang sudah lama ada di Pramuka,'' jelas Anies yang pernah ikut Jambore Nasional tahun 1985.

Untuk itu, Anies mengusulkan agar istilahnya bukan ''Gamefication'', tapi ''Pramukanisasi''. Alasannya, karena dunia pendidikan sebenarnya telah dan sedang belajar dari Gerakan Pramuka. ''Mari kita belajar dari cara mendidik anak di pramuka. Kita gaungkan spirit ini,'' tambah Anies.

Senada dengan itu, dalam sambutannya di depan istana Kerajaan Siak, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault, juga menyampaikan optimismenya terhadap konsep dan hasil pendidikan Gerakan Pramuka.

Menurut dia, para anggota pramuka adalah calon-calon pemimpin bangsa Indonesia di masa depan. ''Saya yakin adik-adik semua ini kelak akan memimpin Indonesia di masa depan. Jadi, tidak apa-apa ya panas-panas seperti ini berjemur? Kami juga pernah merasakan seperti itu,'' jelasnya.

Sumber Goriau



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..