Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Libatkan PKK se-Meranti, Kantor Pemberdayaan Perempuan Meranti Gelar Pelatihan Keterampilan Wanita

Libatkan PKK se-Meranti, Kantor Pemberdayaan Perempuan Meranti Gelar Pelatihan Keterampilan Wanita


By: PKS Siak Selasa, 09 Juni 2015 0

PKS SIAK, SELATPANJANG - Kantor Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar pelatihan keterampilan wanita. Pelatihan itu melibatkan TP PKK se Meranti.

Kepala Kantor P3AKB Meranti, Dra Syaripah Zumah mengatakan, sasaran dalam pelatihan wanita adalah pengurus PKK se kecamatan di Kabupaten Kepulaian Meranti. "Kita minta ketua PKK kecamatan mengumpul pengurus PKK dari desa-desa setempat," kata Syarifah.

Disampaikan Syarifah lagi, mereka menggelar pelatihan itu di 9 kecamatan se Meranti. "Memang ini kegiatan kantor, namun karena sasaran kita PKK ya kita bawa PKK kabupaten," ujarnya lagi.

Dalam pelatihan itu, wanita diajarkan membuat bronis sagu, kue gulung sagu, dan kue-kuea lain dengan bahan dasar sagu. Mereka membuat kue kering dan basah.

"Kita beri mereka ilmu dan alat perlengkapan seadanya. Nanti kita akan evaluasi. Untuk memotivasinya akan kita ajukan lomba, berjalan atau tidak program yang sudah kita berikan itu," ujarnya lagi.

Ketua TP PKK Kepulauan Meranti Hj Nirwana Sari SE saat memberikan sambutan dalam pelatihan keterampilan wanita.

Sementara itu, Ketua PKK Kepulauan Meranti Hj Nirwana Sari SE mengatakan pelatihan keterampilan wanita pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kinerja, pengetahuan, dan keterampilan sumberdaya lokal, serta meningkatkan kualitas hidup perempuan beserta keluarga. Selain itu juga untuk memberdayakan lembaga PKK agar mampu mengembangkan inovasi-inovasi dalam mendorong masyarakat yang menjadi binaannya secara partisipatoris, yang pendekatan metodenya berorientasi pada kebutuhan kelompok sasaran.

Kata Nirwana lagi, PKK mempunyai peran untuk membantu pemerintah desa dan kelurahan dalam meningkatkan kesejahteraan lahir dan bathin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuh kembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

Ketua TP PKK Kepulauan Meranti menyerahkan secara simbolis peralatan untuk memasak setelah menggelar pelatihan keterampilan wanita.

Selain itu, kata Nirwana juga peran PKK sebagai penggali pengembang potensi masyarakat khususnya keluarga, pembina, motivator, serta penggerak prakarsa, gotong royong dan swadaya perempuan. Dalam pembangunan sebagai bagian integral dalam mewujudkan pembangunan partisipatif.

"Semoga dari kegiatan pelatihan ini kita semua akan mendapat ilmunya, sehingga nantinya ilmu itu bisa bermanfaat bagi Kabupaten Kepulauan Meranti secara keseluruhan," ujar Nirwana.

Sumber Goriau



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..