Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Pelaksanaan Program Raskin di Tingkat Desa se Meranti Perlu Penguatan

Pelaksanaan Program Raskin di Tingkat Desa se Meranti Perlu Penguatan


By: PKS Siak Sabtu, 06 Juni 2015 0

PKS SIAK, SELATPANJANG - Kepala Bagian Ekonomi Agusyanto SSos MSi mengatakan saat ini pelaksanaan program pangan raskin, di tingkat Desa se Kepulauan Meranti masih butuh penguatan. Pasalnya masih ditemukan kelemahan-kelemahan di beberapa aspek.

Untuk itu, kata Agus, titik sentral pengendalian pelaksanaan program tersebut berada pada Musyawarah Desa (Mudes). Ia juga menilai itu Mudes tidak hanya berfungsi sebagai sarana pengambil keputusan siapa yang berhak menerima Raskin, lebih dari itu dapat menjadi sarana sosial dalam membuat kesepakatan bersama antar pemangku kepentingan.

"Inilah yang mendasari Pemkab Meranti untuk memperkuat kelembagaan Mudes melalui kegiatan kelembagaan Mudes dalam pengendalian pelaksanaan program pangan Raskin," ujar Agus.

Sebelumnya, Staf Ahli Bupati, Rismawardi mengatakan penyaluran raskin di seluruh desa se Meranti sudah sesuai harapan dan tepat sasaran. Hal ini tercapai, berkat dukungan maupun kerjasama yang baik antara pemerintah kabupaten dengan pihak desa maupun kelurahan. "Kendati masih ada kendala yang kerap kali kami menghadapinya, namun itu bukan merupakan sebuah hambatan dalam menjalankan program pemerintah pusat tersebut," kata Rismawardi.

Dikatakan Rismawardi juga, ada beberapa aspek dalam melaksanakan program raskin ini. Yakni aspek pengawasan, aspek pengendalian dan aspek pengelolaan. Namun ketiga aspek ini, diakuniya masih menemukan kendala. Dengan demikian, Rismawardi berharap agar dalam revitalisasi Musdes dalam pelaksanaan program raskin yang dihadiri oleh seluruh kepala desa/lurah yang ada, akan menjadi mumpuni dalam mengatasi kekurangan yang ada.

"Seluruh komponen harus ikut bertanggungjawab penuh, sehingga kedepannya nanti dalam penyaluran raskin akan berjalan lebih efektif dan lebih efisien guna mencapai target yang diharapkan," kata Rismawardi pula.

Sempat hadir di Selatpanjang, Kepala Biro Perekonomian Provinsi Riau yang diwakili Khuzairi, SPi MSi mengatakan, penyaluran raskin di Provinsi Riau, khusunya di Kabupaten Kepulauan Meranti perlu ditingkatkan dalam hal pengawasan. Apalagi secara geografis, Meranti merupakan wilayah berpulau, tentu harus mendapat perhatian serius agar dalam penyaluran tidak terjadi hambahatan atau kendala.

"Agar penyaluran raskin ini ke depan yang lebih baik, tentu Pemkab Meranti secepatnya melakukan evaluasi. Agar penyaluran raskin kedepannya tidak ada lagi kendala yang timbul," imbau Khuzairi saat menghadiri Mudes di Meranti dalam kegiatan kelembagaan pengendalian program raskin.

Sumber Goriau



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..