Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Tidak Ada Tes CPNS Tahun Ini

Tidak Ada Tes CPNS Tahun Ini


By: admin Selasa, 16 Juni 2015 0

PKS SIAK, JAKARTA - Masyarakat yang mengimpikan menjadi pegawai negeri, siap-siap gigit jari. Pasalnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengisaratkan tidak ada tes CPNS baru tahun ini. Pemerintah tahun ini fokus menata dan menghitung ulang kebutuhan riil pengawai negeri.

Informasi tidak ada tes CPNS tahun ini, muncul dalam audiensi antara DPRD Pacitan dengan jajaran Kementerian PAN-RB di Jakarta Senin (15/6/2015). Asisten Deputi Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program, dan Pembinaan SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Bambang Dayanto Sumarsono mengatakan, tahun ini tidak ada penerimaan CPNS baru. Baik dari pelamar umum maupun kelompok pelamar tenaga honorer kategori dua (K-II).

Paling cepat tes CPNS akan dibuka lagi tahun depan. Meskipun begitu Kementerian PAN-RB tetap membuka kuota CPNS baru di sekolah-sekolah kedinasan. Seperti sekolah kedinasan STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), IPDN, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIN), serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).

"Sudah menjadi kesepatan bersama antara pemerintah dengan DPR bahwa tes CPNS baru dimulai lagi tahun depan. Jadi tahun ini nihil," kata dia. Tahun depan tes CPNS dibuka untuk kelompok pelamar umum, tenaga honorer K-II, serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Dia menegaskan tahun ini pemerintah fokus menganalisa data dan menyusun roadmap kepegawaian nasional.

Juru bicara Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan, informasi bahwa tidak ada lowongan CPNS baru sejatinya belum bisa disampaikan ke publik. "Kalau sudah dibicarakan dalam forum audiensi itu, mungkin sifatnya itu untuk internal pemerintahan dulu," kata dia. Herman mengatakan dalam waktu dekat Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi akan menyampaikan informasi lengkap tentang tes CPNS.

Sementara itu informasi tidak ada lowongan CPNS baru untuk tahun ini belum diketahui sejumlah anggota Komisi II (bidang pemerintahan) DPR. Anggota Komisi II DPR Yandri Susanto mengatakan, belum ada informasi resmi dari Kementerian PAN-RB bahwa tahun ini tidak ada lowongan CPNS baru.

"Patokan kami (Komisi II DPR, red) adalah hasil raker (rapat kerja, red) dengan Menteri PAN-RB yang terakhir," ujarnya. Yandri mengatakan, dalam raker terakhir itu Yuddy mengatakan pemerintah menyiapkan kuota CPNS baru 2015 sebanyak 130 ribuan kursi.

Rinciannya adalah 30 ribu kursi CPNS baru untuk diisi kelompok pelamar tenaga honorer K-II. Sementara 100 ribu kursi CPNS lainnya diisi kelompok pelamar umum. "Kalau memang ada rencana tidak membuka CPNS baru tahun ini, Menteri Yuddy harus segera menjelaskan kepada publik," katanya. Sehingga tidak sampai menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Yandri juga mengatakan, pemerintah harus mempertimbangkan kekosongan kursi PNS akibat pensiun tahunan.

Sumber Riaupos



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..