Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » PARTAI POLITIK DAN KEPEMIMPINAN (oleh : Agus Malik)

PARTAI POLITIK DAN KEPEMIMPINAN (oleh : Agus Malik)


By: admin Selasa, 08 September 2020 0

PARTAI POLITIK DAN KEPEMIMPINAN

AGUS MALIK

(Bagian 2)

Pasangan SADAR (Sayed Abubakar A Assegaf dan Reni Nurita) menjadi pasangan terakhir yang mendaftar di KPU Siak (4/9). Sebelumnya mendaftar pula Pasangan Said Arif Fadillah dan Sujarwo (PAS) seba'da sholat Jum'at dan pasangan Alfedri dan Husni Merza (SAH)  mendaftar pertama kali di hari yang sama.

Sahabat Alfedri Husni (SAH) merupakan pasangan petahana Bupati Siak Alfedri yang diusung lima Partai yaitu PAN, PKB, PPP, Nasdem dan Hanura dengan 16 kursi DPRD.

Pasangan Said Arif Fadillah - Sujarwo (PAS) diusung oleh Partai Golkar, Gerindra dan PDIP dengan 16 kursi DPRD.

SADAR (Sayed Abubakar A Assegaf dan Reni Nurita) menjadi pasangan koalisi ramping PKS dan Demokrat dengan 8 kursi DPRD.

Partai politik sebagai salah satu instrumen negara yang sangat berperan dalam mencalonkan para pemimpin negara dan daerah memiliki peran utama kancah pergantian kepemimpinan.

Karenanya partai politik harus serius dalam mengelola proses kaderisasi setiap anggotanya.

Supplai kepemimpinan bisa dari seluruh elemen masyarakat namun pada akhirnya partai politik menjadi muara dalam penentuan pasangan calon kepala daerah.

Potret pasangan calon yang berkompetisi di Pilkada Siak kali ini patut kita cermati dari sisi peran partai politik dalam melahirkan para calon pemimpin daerah.

Salah satu parameter yang bisa kita gunakan adalah pada Pemilu Legislatif 2019.

Pasangan SAH kita ketahui bahwa Alfedri merupakan Bupati Siak yang juga ketua PAN tentu punya andil langsung di pemilu legislatif tahun lalu sedangkan Husni Merza dari non partai (Direktur BUMD)

Arif Fadillah yang merupakan bakal calon Bupati (PAS) saat itu merupakan ASN aktif di Pemerintah Kabupaten Siak sebagai salah satu kepala dinas sedangkan Sujarwo adalah politisi aktif PAN yang pemilu legislatif lalu berhasil kedua kalinya menjadi anggota DPRD Siak

Sayed Abubakar A Assegaf tahun 2019 adalah anggota DPR RI dari Partai Demokrat yang pemilu lalu juga salah satu calon anggota legislatif DPR RI sedangkan Reni Nurita pada pemilu tahun lalu menjadi calon anggota legislatif DPRD Propinsi Riau dari PKS

Melihat data diatas maka pasangan SADAR (Sayed dan Reni) menjadi satu-satunya pasangan calon yang berasal dari partai politik yang patut diapresiasi karena merupakan anggota partai hasil proses kaderisasi yang panjang.

Tentu para calon lain juga merupakan kader partai politik yang potensial tanpa menafikan calon dari kalangan birokrat dan profesional.

Penting dicermati pula bahwa pemerintah memberikan bantuan pada partai politik tiap tahunnya dimana porsi terbesarnya harus digunakan untuk pendidikan politik anggotanya.

Sehingga wajar partai politik harus menjadi kawah candradimuka dalam menggodok dan melahirkan para calon pemimpin daerah yang punya kompetensi dan integritas mumpuni dalam melayani masyarakat.

Partai politik tidak boleh mudah tergiur oleh kandidat yang mendekati partai saat mau mencalonkan saja tanpa melalui proses kaderisasi yang berjenjang dengan modal popularitas dan modal uang yang memadai.

Meskipun kita tidak menafikan bahwa ada political cost dalam setiap proses pemilihan namun hal tersebut tidak menjadikan ukuran utama dalam partisipasi politik.

Peran partai untuk konsisten dengan proses kaderisasi atau pendidikan politik anggotanya adalah tanggung jawab besar yang harus dibarengi dengan kesungguhan konsistensi membina dan melahirkan calon-calon pemimpin daerah yang memiliki kompetensi dan integritas.

Pilkada memang berbeda dengan Pileg namun keduanya juga tidak bisa dipisahkan.

Peran pasangan calon (tokoh) dan mesin partai akan berkombimasi adu strategi menaklukkan hati masyarakat.

SAH dengan 16 kursi, PAS dengan 16 kursi dan SADAR dengan 8 kursi akan berkompetisi dengan ketokohan dan mesin partai.

Selamat berjuang dengan politik santun dan bermartabat bagi pasangan calon dan anggota partai untuk menjadikan masyarakat Siak yang lebih sejahtera adil damai aman dan religius


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..