Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Pengamat: Kritik Fahri Hamzah untuk SBY Analogi Fikih

Pengamat: Kritik Fahri Hamzah untuk SBY Analogi Fikih


By: Abol Ezz Kamis, 30 Januari 2014 0


pkssiak.org - Pengamat hukum Universitas Indonesia (UI), Abdi Kurnia Djohan menganggap wajar kritik Wasekjen DPP PKS, Fahri Hamzah, terhadap pemerintahan Presiden SBY,

Abdi berkata, pernyataan Fahri yang menyebut pemerintahan SBY seperti shaf shalat yang kosong dan diisi setan, merupakan analogi hukum fikih. Menurutnya, pernyataan itu sah-sah saja.

"Saya setuju dengan pendapat Fahri Hamzah. Kondisi pemerintahan Presiden SBY saat ini memang seperti shaf shalat yang kosong, sehingga diisi setan," ujar Abdi ketika dihubungi, Kamis (30/1) siang.

Jadi, kata dosen mata pelajaran kuliah terpadu (MPKT) Agama Islam di UI itu, perumpamaan terminologi fikih ke dalam politik itu sudah lazim terjadi. Hal ini sudah terjadi sejak abad kesatu dan kedua Hijriah. Bahkan, saat itu lebih ekstrim lagi kejadiannya.

Pria yang fasih berbaha Arab itu menjelaskan, ketika itu umat Islam, khususnya para politikus dan penguasa, telah menggunakan hadits sebagai senjata untuk menjatuhkan lawan-lawan politik.

Penggunaan simbol-sombol agama dalam politik, pada hakikatnya, adalah usaha untuk mencari legitimasi tindakan politik. "Begitu pun sebaliknya, sebagai usaha untuk menutupi kekurangan diri dari serangan politik," kata alumnus program magister Fakultas Hukum (FH) UI mengakhiri.[rol]


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..