Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » Irwan Prayitno Puji Sistem Pelayanan RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi

Irwan Prayitno Puji Sistem Pelayanan RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi


By: Fetih Roma Jumat, 18 April 2014 0


pkssiak.org - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno melakukan peninjauan secara langsung sistem pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ahmad Mukthar Bukittinggi dengan meninjau semua ruangan rumah sakit tersebut pada Kamis (17/4).  
"Rumah Sakit Umum Daerah Achmad Mochtar dengan type B, merupakan kebanggaan kita bersama, dedikasi, perhatian terus meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap publik tentu juga menambah kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Kita akan terus mendorong peningkatan pelayanan kesehatan oleh RSUD Achmad Mochtar untuk terus menjadi lebih baik dan mampu pula memotivasi pelayanan rumah sakit lainnya di Sumatera Barat," ujar Irwan.
Kunjungan Irwan Prayitno ke RSUD Achmad Mochtar ini merupakan bagian dari respon penilaian  Ombudsman RI  Perwakilan Sumbar, yang mengacu pada  kepatuhan daerah melaksanakan UU  No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik beberapa waktu lalu. Adapun parameternya standar pelayanan, maklumat  pelayanan, sistem informasi pelayanan publik, sumber  daya manusia, unit pengaduan, sarana bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus, visi dan misi dan motto, sertifikat ISO 9000:2008, atribut dan sistem pelayanan terpadu.
Dalam UU NO 25 Tahun 2009, tidak ada  pembedaan penilaian terhadap SKPD  atau penyelenggara  pelayanan yang melakukan pelayanan publik atau tidak. Alasannya, SKPD yang tidak langsung memberikan pelayanan, tetap dihitung sebagai SKPD yang menjalani proses  pemberian pelayanan. Jika tidak menempelkan visi dan misinya serta maklumat pelayanan, otomatis mengurangi penilaian. Demikian juga ketika tidak menyiapkan pelayanan khusus kelompok rentan dan tidak memiliki informasi pelayanan publik, juga menjadi indikator penilaian.
Berdasarkan zonasi Provinsi Sumbar dari 15 SKPD yang disurvei, hanya 5 SKPD mengantongi penilaian sedang. Sisanya merah. Yang dapat rapor merah DPKD, Dinas  Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Bapedalda, Kesbangpol Sumbar, Disperindag, Dinas  Sosial, Dinas Kesehatan dan Prasjal Tarkim.
Dalam kesempatan tersebut Irwan Prayitno juga melakukan peninjauan ke pelayanan Samsat Kota Bukittinggi di jalan Bukittinggi - Medan Km 6 Baringin JR. PGRM Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam, yang dirasa cukup jauh dari tempat kediaman penduduk.
"Tentunya ini perlu kita pikirkan bagaimana kegiatan samsat Bukiittinggi ini dapat dekat dengan masyarakat, sehingga mudahkan pelayanan kepada masyarakat atau publik," ungkap Irwan.
Dalam kesempatan itu Irwan Prayitno juga menyampaikan apresiasi atas sistem dan mekanisme pelayanan publik yang telah dilakukan RSUD Ahmad Mukhtar.
"Pimpinan, para dokter dan karyawan RSUD Ahmad Mukthar Bukittinggi telah melakukan sistem pengaduan lewat telepon dan sms, merespon keluhan masyarakat dan pasien, sehingga selalu berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik," katanya.
Dalam kunjungan ke RSUD Ahmad Mukhtar tersebut Gubernur Irwan Prayitno di dampingi Direktur RSUD Ahmad Mukthar Dr. Hj Ernamawati, M.Kes serta beberapa pejabat RS lainnya.[dm/humas sumbar]


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar