Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Wawako Pekanbaru : Siswa Hafal 30 Juz, Bisa Gratis Kuliah di Semua Jurusan di UIR

Wawako Pekanbaru : Siswa Hafal 30 Juz, Bisa Gratis Kuliah di Semua Jurusan di UIR


By: admin Sabtu, 17 Mei 2014 0

 
pkssiak.org - Kabar gembira bagi siswa SMA dan sederajat di Pekanbaru. Bila mereka hafiz Quran 30 juz, Wawako berjanji akan menggratiskan biaya kuliah sampai tamat!

Riauterkini-PEKANBARU-Kabar gembira bagi anak sekolah di Kota Pekanbaru, karena tamat dari sekolah menengah atas dan sederajat, mereka bisa masuk perguruan tinggi dengan gratis hingga tamat kuliah, dengan syarat hafal Al Quran 30 juz.

Kabar gembira itu disampaikan Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Jumat (16/05/2014), dalam pengarahannya pada acara Khatam Al Quran SMPN 25 Pekanbaru. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua TP PKK Kota Pekanbaru Indiarita, MPd, Kadis Pendidikan Zulfadil, para kepala sekolah, guru pengawas, serta para wali murid, di halaman SMPN 25 Pekanbaru.

Wakil Walikota menyebutkan, sinyal bisa kuliah gratis itu diungkapkan oleh Rektor UIR Prof Detri Karya, dalam suatu kesempatan kepadanya.

“Rektor UIR mengungkapkan kepada saya langsung, bahwa UIR memberikan fasilitas kuliah gratis sampai tamat di semua jurusan kepada calon mahasiswa yang hafal Al Quran 30 juz," ujar Ayat Cahyadi yang disambut tepuk tangan siswa SMP dan wali murid yang hadir.

Menurut Wakil Walikota bahwa kebijakan itu diambil oleh Rektor UIR tersebut sebagai aplikasi dan pembuktian bahwa rajin membaca dan menghapal Al Quran itu meningkatkan kecerdasan.

“Orang yang hapal 30 juz Al Quran itu tandanya orangnya pintar dan sangat layak diberi penghargaan. Bahkan menurut informasi dari Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, calon mahasiswa yang hapal 30 juz Al Quran gratis dan tanpa tes diterima di sana," ulas Wakil Walikota.

Ayat Cahyadi juga memesankan bahwa khatam Al Quran bukan berarti telah selesai atau berhenti membacanya. Rajin membaca Al -Quran juga menyehatkan. “Orang yang rajin membaca Al Quran ternyata juga menyehatkan jantung, makhraj huruf serta tanda baca Al Quran yang dibaca dengan benar akan memberikan penyehatan kepada jantung. Salah seorang penerbang Angkatan Udara Amerika dulunya masuk Islam menulis sebuah buku, di antaranya berisi tentang membaca Al Quran menyehatkan jantung," ujar Ayat Cahyadi.

Karena itu program Sekolah Mengaji dan Magrib Mengaji itu selain untuk mengentaskan buta aksara Al Quran juga untuk meningkatkan kecerdasan spiritual generasi muda menuju mayarakat Kota yang Madani.

Sebelumnya Kepala SMPN 25 Lili Deswita, menyampaikan bahwa kegiatan sekolah mengaji dilakukan tiga kali dalam satu minggu, dengan mengabil jam pelajaran pagi selama 45 menit.

“Alhamdulillah dari 1.076 orang siswa SMP 25 ini, dengan 900 lebih siswa muslim hanya tiggal 15 lagi yang belum bisa membaca Al-quran," ujar Lili.

Selanjutnya Kadis pendidikan Zulfadil menyebutkan, kegiatan sekolah dan Magrib Mengaji secara kuantitas sudah berhasil, karena jelang akhir tahun ajaran ini, hampir seluruh sekolah di Pekanbaru melakukan kegiatan Khatam Al Quran. [riauterkini/pksmarpoyan]


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar