Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Mengenai TPID, Inflasi Jawa Barat Terendah se-Pulau Jawa

Mengenai TPID, Inflasi Jawa Barat Terendah se-Pulau Jawa


By: PKS Siak Rabu, 18 Juni 2014 0


BANDUNG, (pkssiak.org - Laju inflasi di Jawa Barat pada periode Januari-Mei 2014 (year to date) mencapai 1,38 persen atau terendah dibandingkan dengan provinsi lain di Pulau Jawa.

Hal ini diungkapkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI (Jabar dan Banten) Dian Ediana Rae di kantornya (Bank Indonesia), Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat, Selasa, (17/6/2014).

“Upaya untuk mencapai inflasi terendah dan stabil terus diupayakan tahun ini. Hal ini terbukti dengan pencapaian laju inflasi tahun kalender Januari – Mei 2014, yakni, 1,38 persen,” kata Dian.

Pada tahun 2013, laju inflasi di Jawa Barat mencapai 9,15 persen. Penyebabnya, karena adanya kenaikan harga BBM bersubsidi dan tarif listrik. “Meski demikian, realisasi inflasi 2013 akibat dari kenaikan harga masih lebih rendah jika dibandingkan dengan inflasi tahun 2005 dan tahun 2008 yang mencapai 18,51 dan 11,11 persen,” katanya.

Sementara itu, kata Dian, untuk inflasi tahunan mencapai 7,02 persen. “Angka ini dibawah nasional dan terendah kedua di kawasan Jawa,” katanya.

BI menyebutkan penurunan inflasi ini merupakan peran dari FKPI Jabar dan seluruh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten/Kota di Jabar. Namun, yang menjadi perhatian ke depan yakni kenaikan tarif listrik industri rumah tangga, kenaikan harga gas elpiji, dampak El Nino dan Lebaran serta penghujung tahun.
 [kompas/pkscibitung]


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar