Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » Menteri PKS Ini Menginap di Rumah Warga di Lereng Gunung

Menteri PKS Ini Menginap di Rumah Warga di Lereng Gunung


By: admin Kamis, 21 Agustus 2014 0


pkssiak.org - Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri bermalam di rumah salah seorang warga Desa Guci, Bumi Jawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Posisi rumah itu berada persis di lereng utara Gunung Slamet yang telah ditetapkan status siaga 3.

Letak geografis Desa Guci berada di ketinggian 1.250 meter di bawah permukaan laut (dpl) dengan posisi persis di lereng utara Gunung Slamet. Di Desa Guci terdapat 5.000 rumah tidak layak huni. Rumah yang akan dibedah telah diverifikasi berdasarkan tingkat keterancaman, risiko dan prioritas.

"Kami akan melakukan bedah rumah tidak layak huni sebanyak 241 milik warga miskin, tapi sebelumnya akan dirubuhkan dan dijadikan rumah layak huni," kata Salim di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (20/8).

Politikus PKS itu tiba Selasa malam kemarin. Salim sempat berdialog, dan mengajak warga untuk arif dan tenang menghadapi bencana. Menurutnya, alam ada waktunya bereaksi, tetapi alam juga memberikan berkah di balik reaksinya.

"Jangan panik, ikuti aturan evakuasi bencana dan lakukan simulasi secara terjadwal," pinta Salim.

Selama ini, Kementerian Sosial (Kemensos) memiliki skema untuk penanggulangan bencana pada masa kedaruratan, maupun dalam ketersediaan atau logistic supporting system. Selain itu, Kemensos juga telah memfasilitasi daerah dengan gudang yang berisi peralatan bencana dan buffer stock.

"Pada saat kedaruratan bupati bisa mengeluarkan kebutuhan beras hingga 50 ton. Jika dirasa masih kurnag, maka Mensos bisa menambahkan sampai di atas 100 ton," tuturnya.

Kondisi teranyar, Badan Meterologi, Klomatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan Gunung Slamet tertutup kabut diiringi asap kecokelatan dan api pijar membumbung hingga ketinggian lebih dari 600 meter. Terdengar juga 91 kali dentuman ringan sampai sedang, terkadang bergemuruh, dan suhu di beberapa pemandian air panas di kawasan wisata Guci berkisar 50-70 derajat celcius.[dm/mdk]


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar