Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Ingat, Jangan Lakukan Hal Ini Jika Ban Mobil Pecah Saat Kecepatan Tinggi

Ingat, Jangan Lakukan Hal Ini Jika Ban Mobil Pecah Saat Kecepatan Tinggi


By: admin Senin, 08 Juni 2015 0

PKS SIAK - Apakah Anda sering melihat peringatan yang ada di sekitar jalan tol yang menyatakan periksa ban mobil Anda sebelum berkendara dengan kecepatan tinggi? Itu artinya kejadian ban pecah saat berkendara dengan kecepatan tinggi artinya sudah pernah terjadi dan tentunya sangat berbahaya.

Kejadian ban pecah memang sulit diduga. Kejadiannya pun berlangsung cepat dengan guncangan yang hebat.

Bila Anda mengalami hal seperti itu, langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah jangan panik. Karena jika panik Anda justru akan melakukan hal-hal yang seharusnya tidak boleh Anda lakukan yaitu melakukan pengereman secara mendadak.

Jika Anda mendengar ledakan dari ban Anda, jangan langsung panik tapi tetap fokuskan mata Anda ke depan dan kendalikan mobil dengan mengurangi kecepatannya secara perlahan.

Jika ban pecah di bagian depan langsung lepas kopling, kemudian rem dan gas. Modalnya hanya counter steering saja misalnya ban pecah bagian kiri, setir berat kekiri counter ke kanan begitu pula sebaliknya.

Mengurangi laju secara perlahan

Hal lain yang Anda dapat lakukan saat ban depan pecah adalah berusaha mempertahankan laju kendaraan dan mengurangi kecepatan kendaraan dengan melepaskan kaki dari pedal gas secara perlahan jangan langsung melepaskannya.

Setelah kecepatan mobil berkurang, lakukan engine brake untuk membantu menahan laju kendaraan.

Ban pecah bagian belakang biasanya relatif mudah di kendalikan malah kadang-kadang tidak terasa tapi jika ini terjadi rem secara perlahan karena saat ban belakang pecah lajur kendaraan Anda akan melintir kemana-mana jika Anda melakukan pengereman secara mendadak dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Menjaga keseimbangan kendaraan

Ini adalah tindakan bagi Anda yang memiliki kemampuan menyetir pada level advance mengurangi gas secara perlahan dan bertahap ini dapat menyeimbangkan kendaraan Anda dan usahakan untuk  mengurangi beban pada ban yang pecah.

Hal yang dilarang ketika ini terjadi adalah rem secara mendadak karena jika Anda rem secara mendadak bobot mobil akan pindah kedepan dan setir akan semakin menarik kearah ban pecah yang dapat  menyebabkan mobil terbalik.

Tapi mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi jika tidak ingin kejadian ini terjadi pada Anda maka lebih baik sebelum Anda berkendara lakukan pengecekan pada ban mobil Anda, apakah ban mobil dalam keadaan baik atau tidak.

Sumber Goriau



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..