Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Riau Kurang 341.736 Ton Beras

Riau Kurang 341.736 Ton Beras


By: PKS Siak Senin, 08 Juni 2015 0

PKS SIAK, PEKANBARU - Dari sektor pangan, Provinsi Riau masih banyak kekurangan. Salah satunya keperluan beras yang mencapai angka 616.115 ton pada 2014 diperkirakan bakal terus meningkat ke depannya. Riau yang hanya mampu memproduksi beras 274.379 ton, masih defisit sebanyak 341.736 ton.

Pemprov Riau mencoba meningkatkan produksi sehingga diharapkan dapat menekan kekurangan beras tersebut menjadi 136.534 ton. Menurut Plt Gubri Ir H Arsyadjuliandi Rachman, salah satu langkah yang dilakukannya adalah dengan meminta langsung kepada Menteri Pertanian (Mentan) supaya menyelesaikan permasalahan tersebut bersama-sama.

‘’Sudah disampaikan ke Mentan untuk beras tak bisa diselesaikan sendiri, harus bersama-sama,’’ katanya. Karena suplai beras di Riau selama ini didatangkan dari Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Jambi. Tiga daerah ini selama ini masih menjadi pemasok untuk menutupi kekurangan. Permasalahannya, inflasi nasional juga berdampak pada tiga wilayah tersebut. Karenanya Riau harus menyiapkan strategi antisipasi permasalahan beras.

‘’Dengan luas lahan pertanian 139.816 hektare, kita terus berupaya meningkatkan areal luas tanam dari 102.412 hektare menjadi 141.848 hektare. Sehingga dapat meningkatkan produksi beras Riau,’’ lanjutnya.

Karena itu ia juga menginstruksikan langsung Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Riau Askardiya R Patrianov untuk turun ke lapangan. Dengan meninjau langsung sentra produksi beras di seluruh kabupaten/kota Provinsi Riau.

Melalui penambahan luas tanam lanjutnya, maka diharapkan produksi beras Riau mampu menyentuh angka 446.818 ton, sehingga dapat menekan defisit. ‘’Jadi estimasinya kekurangan beras Riau akan menyentuh angka 136.534 ton jika luas tanam terus dibuka,’’ lanjutnya.

Selain itu pemerintah lanjutnya, juga menyiapkan pemberdayaan masyarakat. Melalui ketersediaan pendamping lapangan sebagai penyuluh. Saat ini penyuluh PNS sudah menyebar sebanyak 633 orang dan tenaga harian lepas tenaga bantu sejumlah 363 orang.

Demikian pula perlunya dilakukan pendampingan teknologi. Yang kini terus dipersiapkan, mulai teknologi benih, pupuk, budidaya, pengairan, pengendalian hama, panen dan pasca panen.

Sumber Riaupos



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..