Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Ini Persiapan Dishub Jelang Arus Mudik

Ini Persiapan Dishub Jelang Arus Mudik


By: PKS Siak Kamis, 09 Juli 2015 0

PKS SIAK, PEKANBARU - Dalam rangka mengantisifasi keamanan jalur mudik lebaran 1436 Hijriah, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau telah melakukan survei dan pemetaan jalur mudik tersebut di beberapa daerah titik rawan.

Hasilnya, terdata sedikitnya 93 daerah yang memerlukan perhatian serius baik karena rawan macet, kecelakaan maupun tindakan kriminalitas. Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishub Riau Yasril mengatakan, dari jumlah 93 titik rawan daerah itu hanya 18 titik saja yang termasuk pada kategori serius sehingga memerlukan penanganan serius dan segera.

Sebagian besar dari 18 titik ini, katanya, berpotensi rawan kemacetan karena proses perbaikan  jalan yang dilakukan oleh dinas terkait. Oleh sebab itu  akan dilakukan penghentian proyek pengerjaan jalan  agar menghindari  kemacetan pada arus mudik lebaran. Terkait hal tersebut Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishub Riau Yasril sudah di konsultasikan kepada Badan Pembinan dan Pengawasan Jalan Negara (BP2JN).

Sementara itu, untuk menjamin keselamatan pemudik Dishub Riau telah mengadakan rapat bersama instansi terkait termasuk Dinas Kesehatan, Kepolisian maupun Dishub Kabupaten-Kota se-Riau.

Untuk pengaman arus mudik lebaran tahun ini petugas Dishub akan disebar pada 72 titik posko. Pada seluruh posko itu  akan disiagakan berbagai pelayanan terkait kelancaran mudik, baik petugas keamanan maupun kesehatan.

Dishub Riau juga  akan mengoperasikan 3 dari 5 jembatan timbang yaitu, jembatan timbang Rantau Berangin, Duri, dan Logas. Mengantisipasi lonjakan penumpang Dishub juga akan bekerjasama dengan pihak organda dalam mempersiapkan  kurang lebih 2.361 armada darat yang terdiri dari bus besar, bus sedang, dan mini bus. Sedangkan untuk armada laut Dishub juga akan menyiapkan 100 unit kapal.

Untuk daerah rawan longsor, Dishub telah menyurati Dinas Bina Marga dan BP2JN
agar menyiagakan alat beratnya. Selain itu, pemudik roda dua juga berkemungkinan akan sangat besar dilalui. Dishub menghimbau pemudik roda dua agar selalu berhati-hati selama perjalanan dan tetap patuh pada aturan lalu lintas agar terhindar dari kecelakaan lalu-lintas pada saat arus mudik lebaran.

Sumber : Riaupos
Ket. Foto : Ilustrasi



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..