Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Siak Habiskan Dana Miliaran Selamatkan Dokumen Bersejarah

Siak Habiskan Dana Miliaran Selamatkan Dokumen Bersejarah


By: PKS Siak Rabu, 01 Juli 2015 0

PKS SIAK, SIAK- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, cukup peduli terhadap dokumen bersejarah peninggalan Kerajaan Siak yang ‎diduga berumur ratusan tahun dan merupakan aset negara. Untuk penyelamatan dokumen tersebut, telah dilakukan perawatan sejak 2013 hingga saat ini dengan menggunakan dana APBD Siak. Sebelumnya perawatan, telah dilakukan Pemerintah Pusat dengan menggunakan dana APBN.

Dari Arsip Nasional, terdapat 67 ribu lebih dokumen bersejarah Kerajaan Siak yang sudah berusia ratusan tahun yang harus mendapatkan perawatan guna penyelamatan. Penyelamatan yang dilakukan Pemerintah Pusat pada 2012 lalu, menye‎lamatkan sekitar 200 lembar dokumen.

Setelah itu dilanjutkan Pemkab Siak, 2013 dianggarkan dana perawatannya dalam APBD Siak untuk menyelamatkan 2.500 lembar dokumen, dan di 2014 kembali dianggarkan dalam APBD Siak sebesar Rp226 juta untuk menyelamatkan 4.000 lembar dokumen, dan di 2015 ini Pemkab Siak kembali menganggarkan sekitar Rp800 juta untuk 30.000 lembar dokumen.

‎ Selasa (30/6/15), keterangan Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Siak Herayulwati, kepada riauterkini di kantornya bahwa untuk menyelamatkan lembaran dokumen penting bersejarah peninggalan Kejaraan Siak yang berumur ratusan tahun cukup penting. Dan hal ini juga permintaan Bupati Siak Syamsuar.

"Mengerjakan teknis restorasi dokumen yang ada, tupoksi menyelamatkan, melestarikan, merawat untuk menambah umur dari dokumen itu" terang Herayulwita‎.

Proyek penyelamatan lembaran dokumen penting itu 2015 ini dimenangkan CV Sara Pratama, dan dikerjakan tim yang terdiri dari instansi terkait, yang sebelumnya dipandu dari tim ahli dari Arsip Nasional.

"Perusahaan hanya menyediakan bahan untuk pengawetan untuk lembaran tersebut, setelah itu dikerjakan oleh tim yang telah dibentuk yang dipandu tim ahli. Karena lembaran penting itu sudah cukup rapuh dan harus hati-hati," tambah Herayulwita.‎

Selain itu dikatakannya, bahwa pekerjaan penyelamatan lembaran dokumen penting aset negara yang dimulai pada Maret hingga saat ini sudah dapat diselesaikan sekitar 20 ribu lembar dokumen tersebut, dan sesuai kontrak akn selesai 30 ribu dalam tahun ini.

Sementara itu, untuk mencapai target yang diharapkan Bupati Siak untuk menyelamatkan lembaran dokumen penting tersebut dari 67 ribu lebih, sudah ditargetkan dapat diselamatkan 36.500 lembar dan sisanya sekitar 30.500 lembar akan dianggarkan pada tahun berikutnya.

Sumber Riauterkini



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..