Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Ratusan Umat Islam Salat Idul Adha di Lapangan SMK Muhammadiyah Pekanbaru

Ratusan Umat Islam Salat Idul Adha di Lapangan SMK Muhammadiyah Pekanbaru


By: PKS Siak Rabu, 23 September 2015 0

PKS SIAK, PEKANBARU - Ratusan umat Islam melaksanakan Salat Idul Adha di lapangan SMK Muhammadiyah di Jalan Cipta Karya, Tampan, Pekanbaru, Riau, Rabu (23/9/2015).

Pada salat yang berlangsung dalam suasana mendung dan kabut asap yang tidak terlalu tebal itu, khatib Sutarno, MA, dalam kutbahnya, mengingatkan umat Islam tentang makna hari raya kurban. Menurut Sutarno, kurban adalah wujud keikhlasan dan kesalehan sosial. "Mereka yang rajin melaksanakan ibadah salat, namun tidak mempedulikan anak yatim dan orang-orang miskin, termasuk pendusta agama," tegasnya.

Warga Muhammadiyah merayakan Hari Raya Idul Adha Rabu, 23 September 2015, mendahului penetapan pemerintah pada Kamis, 24 September 2015 depan.

“Sudah dipastikan, kami akan melaksanakan salat ied Idul Adha besok,” ujar Pengurus Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah, Mustafa B. Nahrawardaya, Selasa, 22 September 2015.

Mustofa menjelaskan bahwa Rabu, umat Muhammadiyah di seluruh Indonesia menggelar salat id serentak. Ini setelah, adanya penetapan tahunan berdasar hitungan dari Muhammadiyah.

Kata dia, perbedaan pelaksanaan hari raya kurban ini terjadi karena perbedaan pandangan antara pemerintah dan Muhammadiyah. Mustofa menjelaskan, dari perhitungan wukuf penetapan 10 Zulhijah 1436 Hijriah di Indonesia lebih cepat satu hari ketimbang yang terjadi di Arab Saudi. Akibatnya, terjadi perbedaan antara pelaksanaan di Arab Saudi dengan yang dilakukan Muhammadiyah. Sedangkan, pemerintah Indonesia sendiri memutuskan untuk mengikuti keputusan Arab Saudi.

“Ini hanya persoalan letak geografis saja,” kata Mustofa. Karena itu, maka jamaah Muhammadiyah yang melakukan ibadah Haji di Arab Saudi bakal tetap? mengikuti salat ied pada Kamis mendatang. Kata Mustofa, perbedaan ini bukan terkait tentang kepercayaan. "Ini hanya soal perbedaan waktu," katanya.[Goriau]



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..