Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » Sebentar Lagi Air PDAM di Depok Bisa Langsung Diminum

Sebentar Lagi Air PDAM di Depok Bisa Langsung Diminum


By: Abol Ezz Kamis, 27 Juni 2013 0

pkssiak.org - Warga Depok akan semakin nyaman tinggal di kotanya. Pasalnya, sebentar lagi PDAM Kota Depok akan membuat air PDAM yang mengalir ke rumah-rumah warga bisa langsung diminum. PDAM Depok juga akan mengembangkan wilayah zona air minum yang mencakup daerah Cinere dan Limo.

Dalam waktu dekat, PDAM akan membuat titik air yang dapat langsung diminum. Titik air minum itu diawali di Balai Kota Depok. Di antaranya di pasang di dekat Masjid Baitul Kamal, lapangan, dan halaman parkir Gedung Baleka. Rencana ini sedang dalam proses Detailed Engineering Design (DED).

"Ada tiga titik yang akan kami bikin di Balai Kota Depok. Konsepnya adalah Reperse Osmosis (RO). Konsep itu menghilangkan semua bakteri dan air pun layak langsung diminum. Mengenai bentuk kerannya, itu masalah teknis," kata Direktur Utama PDAM Tirta Asasta Kota Depok Muhammad Kholid di Balai Kota Depok, Rabu (26/6/2013).

Ditargetkan pada Agustus 20013, jaringan tersebut sudah terpasang. Sebelum digunakan, pihaknya bakal mengetes air ke Dinas Kesehatan. Itu untuk meyakinkan bahwa air bebas bakteri dan layak diminum langsung.

"Ini sebagai pelayanan publik, dan PDAM bukan hanya mencari untung. Masyarakat pun dipersilakan datang ke Balai Kota untuk minum air itu," paparnya.

Pihaknya pun akan terus menjaga kualitas, kuantitas, dan kontinyuitas air siap minum secara berkala.

Kholid mengungkapkan, pihaknya juga akan mengembangkan Zona Air Minum (ZAM). ZAM adalah wilayah yang air dari pipa PDAM dapat langsung diminum masyarakat.

Wilayah yang dituju adalah Cinere dan Limo. Bahan baku airnya dari Sungai Pesanggrahan.

"Saat ini kami masih mengkajinya, baik kemauan warganya menggunakan fasilitas tersebut, dan kemampuan membayarnya. Kemudian, kajian kelembagaanya, jaringan, dan investasinya. Di Malang dan Sentul, Kabupaten Bogor sudah menerapkannya" jelasnya.

Menurut Kholid, untuk membangun ZAM diprediksi butuh dana ratusan miliar Rupiah. Jika APBD Kota Depok tak sanggup mendanainya, maka tidak menutup kemungkinan mengajak kerja sama pihak swasta.

"Pihak swasta juga dipersilakan melakukan kajiannya. Secara teknologi sudah banyak yang menerapkan. Di Jepang, air limbah manusia dapat diolah dan diminum langsung," paparnya.

Kholid menambahkan, jumlah pelanggan PDAM Kota Depok semakin bertambah, saat ini mencapai 6.600 pelanggan.



*sumber: http://www.islamedia.web.id/2013/06/sebentar-lagi-air-pdam-di-depok-bisa.html



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar