Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » Fahri Hamzah: KMP Akan Sapu Bersih Komisi DPR

Fahri Hamzah: KMP Akan Sapu Bersih Komisi DPR


By: PKS Siak Kamis, 23 Oktober 2014 0


pkssiak.org, JAKARTA -- Wakil Sekretaris Jendral DPP PKS, Fahri Hamzah menyatakan KMP berniat kembali menyapu bersih semua posisi pimpinan di 11 Komisi DPR dan lima alat kelengkapan dewan.

"Alat kelengkapan dewan itu betul-betul urusannya kami di KMP sebagai kelompok mayoritas," ujar Fahri.

Namun demikian PKS tidak akan mendapat jatah banyak di jabatan pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan. PKS mendapat jatah yang paling sedikit di antara partai-partai Koalisi Merah Putih (KMP).

"Yang jelas PKS paling kecil. Kami tahu dirilah. Dibagi proporsional," katanya.

Fahri mengatakan besar kemungkinan PKS akan kembali mengajukan kader-kader yang berpengalaman memimpin komisi dan alat kelengkapan dewan saat DPR periode sebelumnya. PKS ingin kader yang diajukan menjadi calon pimpinan benar-benar profesional.

"Kalau sudah profesional, bertahan dia di situ (jabatan lama). Tapi kalau ada orang baru yang lebih profesional kami pilih orang itu," ujarnya.

Ia melanjutkan, Koalisi Merah Putih (KMP) telah membahas pembagian posisi pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan. Masing-masing partai di KMP telah menyampaikan keinginan mereka untuk duduk di posisi pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan tertentu. Namun Fahri tidak merinci di komisi mana saja PKS ingin menjadi pimpinan.

"Kami bicara semua masalah di depan. Misalnya kami ingin di komisi itu, kenapa? karena ada pengalaman di situ. Karena orangnya pengalaman, jadi gampang, nanti kita kordinasi," ujarnmya.

Sampai saat ini DPR belum menetapkan Pimpinan masing-masing Komisi. Namun Sidang Paripurna DPR RI dengan agenda penetapan nama-nama anggota fraksi yang masuk komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD), Selasa (21/10), akhirnya resmi mengetuk palu disahkannya nomenklatur komisi dan AKD DPR.

Penetapan ini dilakukan meski fraksi-fraksi Koalisi Indonesia Hebat (KIH) belum mengusulkan nama-nama anggota fraksi mereka yang duduk di komisi dan AKD. Namun, pimpinan sidang memberi catatan bahwa kelima fraksi tersebut sudah masuk dalam penetapan. Sehingga mereka tinggal menyerahkan saja nama-nama anggota mereka ke Setjen DPR RI.

"Paripurna menetapkan nama-nama yang disebutkan tadi (nama-nama anggota dari fraksi Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PKS) dengan catatan fraksi yang belum menyerahkan sudah termasuk yang ditetapkan," kata Taufik sembari mengetuk palu.

Anggota DPR fraksi Partai Demokrat, Hermna Khaeron, mengatakan setelah penetapan anggota dan nomenklatur komisi dan AKD, maka pimpinan tinggal menjadwalkan pemilihan pimpinan komisi dan AKD sembari menunggu lima fraksi lain menyerahkan nama-nama anggota mereka. Kelima fraksi itu di antaranya PDIP, PKB, Nasdem, Hanura dan PPP.

"Kalau belum lengkap kita belum bisa melakukan apapun. Tapi karena waktu mendesak, saya rasa pimpinan akan segera menetapkan jadwal. Kemungkinan besok atau lusa sudah dijawal penetapan pimpinan," kata Herman. (ROL/jpnn)


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar