Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » PTPN V Latih Kewirausahaan 50 Mitra UKM di Siak

PTPN V Latih Kewirausahaan 50 Mitra UKM di Siak


By: PKS Siak Kamis, 02 Oktober 2014 0

Pkssiak.org-SIAK SRI INDRAPURA,PT Perkebunan Nusantara V (Persero) menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan terhadap 50 mitra binaannya yang sekaligus pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Siak, Riau, Kamis lalu (25/9/2014). Mengambil lokasi di Hotel Rina Ria Siak, peserta pelatihan mendapat bekal terkait cara-cara menjadi wirausahawan yang tangguh dan mandiri.

Direksi PTPN V yang diwakili Plt Kabag PKBL Roslim, SE. Ak, MM menyebutkan bahwa sebagian UMKM pada dasarnya membangun usahanya dengan motivasi sederhana untuk menambah kebutuhan hidup sehari-hari.

''Yang menjadi permasalahan, apabila usahanya mengalami kendala atau goncangan, maka UMKM dapat saja kehilangan motivasi dalam mempertahankan dan menyeimbangkan usahanya, inilah yang melatarbelakangi PTPN V untuk melaksanakan pelatihan kewirausahaan ini,'' ucap Roslim.

Bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Siak dan Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Wat Tamwil Jakarta yang menjadi narasumber, selama dua hari peserta mendapatkan tips-tips untuk mengembangkan usahanya terlepas dari berbagai belenggu atau kendala usaha.

''Perkembangan UMKM pada umumnya tertahan pada tingkat tertentu akibat terbelenggu oleh sejumlah keterbatasan. Biasanya terkait aspek manajemen, permodalan dan pemasaran,'' ujar Roslim.

''Rangkaian belenggu itu, selalu melingkupi perkembangan UMKM, maka banyak cara dan pendekatan untuk mendobrak belenggu tersebut., salah satunya melalui Program Kemitraan antara BUMN dengan kelangan pelaku UMKM seperti yang saat ini diselenggarakan oleh Perusahaan”, tukasnya.

Selanjutnya, Dr. H. Baihaki Abdul Majid dari LAZ Nasional BMT yang menjadi narasumber pada pelatihan tersebut menyatakan bahwa pelatihan dilaksanakan untuk meningkatkan pola pikir dan wawasan sebagai pengusaha yang siap bersaing.

''Kita akan berbagi ilmu dan pengalaman tentang bagaimana sikap dan perilaku sebagai kunci menjadi pengusaha sukses”, buka Bahaki. “Karena ternyata setelah ditelaah lebih dalam, kelemahan kita dalam mengembangkan usaha tidak sebatas disebabkan masalah modal, tetapi bisa akibat kita kurang selektif dalam memilih usaha yang efektif untuk meningkatkan laba”, jelasnya.

Ditambahkan oleh Baihaki, informasi keuangan dalam rangka pengelolaan dan pengoperasian suatu unit usaha yang efektif juga memegang peranan penting dalam pengembangan usaha. ''Mari bersama kita tingkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan tentang kewirausahawan agar mampu mengembangkan produk usahanya serta mampu mengambil keputusan yang tepat melalui tindakan-tindakan yang strategis, kreatif dan berfikir sebagai wirausaha yang tangguh”, ajak Baihaki.

“Kalau masalah modal tidak perlu dirisaukan lagi, PTPN V sebagai BUMN dengan CSRnya yang baik ini, pasti akan bersedia membantu, yang penting kita sebagai UMKM dapat memperkaya pengetahuan dan keahlian di bidang kita masing-masing”, tegasnya lagi.

Dalam penutupan Kegiatan Pelatihan tersebut, Roslim mengharapakan kiranya para UMKM yang telah mengikuti pelatihan dapat memanfaatkan sebaik-baiknya ilmu yang telah didapatkan. “Kami harapkan ini dapat diterapkan ditempat usaha masing-masing, dan berguna bagi banyak orang demi peningkatan kesejahteraan UMKM itu khususnya dan masyarakat Siak umumnya”, tutup Roslim. (rls)

Sumber goriau.com



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..