Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » BBM Kian Mahal, Mahasiswa Bikin Converter BBG

BBM Kian Mahal, Mahasiswa Bikin Converter BBG


By: PKS Siak Selasa, 26 Mei 2015 0

Pkssiak.org, Yogyakarta - Bahan Bakar Minyak makin mahal, di beberapa daerah sering kali BBM menjadi rebutan karena langka. Untuk mengatasi hal itu, bahan bakar alternatif dicari.

Adalah Kelompok mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menciptakan Converter Kits, sebuah alat yang dapat mengubah gas LPG menjadi bahan bakar kendaraan bermotor.

Kelompok ini terdiri dari Angger Gufita, Yadi Prabowo Mukti, serta Muhammad Faturahman Baehaqi dibawah bimbingan dosen, Mujiyono dan Didik Nurhadiyanto.

Angger Gufita menjelaskan bahwa latar belakang pembuatan alat ini karena melihat fakta semakin tingginya konsumsi bahan bakar minyak atau BBM untuk kendaraan bermotor sedangkan kian hari produksi BBM kian menurun.

“Bahkan sering di beberapa daerah terjadi kelangkaan BBM. Dari situ kami memandang perlunya alternatif lain bahan bakar untuk kendaraan bermotor yakni gas atau bio gas,” ujarnya dalam surat elektronik pada redaksi, Selasa (26/5/2015).

Dengan memanfaatkan bahan bakar gas LPG 3 kg yang sering disebut melon, Angger dan timnya mengkreasi converter kits yang berfungsi untuk mencampur gas dan udara dengan kadar yang tepat sehingga terjadi pembakaraan yang sempurna.

Tabung disimpan di bagian belakang motor, dengan converter diletakkan di dekat mesin. “Alat ini merupakan karya original buatan kami dibawah arahan dosen pembimbing sedangkan beberapa alat yang sudah ada hanya merupakan modifikasi,” ujarnya.

Detik



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..