Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » HP Anda Kena Air? Lakukan 3 Hal Ini

HP Anda Kena Air? Lakukan 3 Hal Ini


By: PKS Siak Senin, 01 Juni 2015 0

PKS SIAK, MUDAH-mudahan sih tidak, tapi bisa jadi suatu kali HP Anda ternyata kena air secara tidak sengaja. HP terkena air—apalagi nyebur bebas—ada yang langsung mati total, ada juga yang menjadi berkedip-kedip saja, atau hanya menampilkan layar putih saja.

Yang paling utama tentu kita adalah membawanya ke tempat servis HP. Memang betul. Tapi meskipun bisa diatasi dengan cara servis, gelaja kerusakan dan metode perbaikannya bisa beragam tergantung tingkat kerusakannya. Nah, ada “pertolongan pertama” yang mungkin berguna ketika HP kita masuk ke air.

1. Langkah yang pertama adalah segera secepatnya lepas baterai (sumber tegangan/catu daya) ini untuk meminimalisasi kerusakan lebih fatal akibat hubung pendek yang terlalu lama dalam kondisi tidak wajar terkena air, Semakin lama baterai menancap kerusakan akan semakin menjalar.

2. Langkah kedua adalah melepaskan scrup untuk membuka casing, tulangan / rangka, dan frame. Hati-hati dalam mengulir scrup dalam kondisi basah kena air, Jangan menekan terlalu keras menggunakan obeng maupun pengungkit scrup, karena gesekan terlalu keras bisa mengeluarkan serbuk cair penyebab korosi.

3. langkah ketiga adalah fokuskan pada LCD. Kenapa? Komponen ini berisi filamen lunak yang sangat sensitif pada keadaan lembap karena air, namun rata-rata lcd sudah diberi isolator khusus untuk mengalirkan kelembapan. Pun demikian, usahakan secepat mungkin copot LCD-nya, karena kalau sampai LCD kemasukan air pada bagian filamennya, akan membiaskan cahaya gambar. Jika terlalu lama akan menimbulkan flek atau dot-block berwarna hitam. Jika sudah demikian, LCD kecil kemungkinan diselamatkan.

Setelah melewati ketiga langkah di atas, berikutnya adalah metode dalam pengeringan. Cara mengeringkan mesin HP maupun smartphone terdengar sederhana namun sebenarnya tidak terlalu simple karena tetap ada prosedurnya. Berikut cara mengeringkan seluruh komponen dan rangka HP yang barusan terkena air :

• Cuci atau basuh dahulu mesin HP/ PCB dengan impala atau cairan sekelasnya, tujuannya supaya lebih bersih danmemisahkan air dari konduktifitas yang menyebabkan korosi/karat.

• Direkomendasikan menggunakan blower bagi Anda yang memilikinya atau solder uap, atau minimal menggunakan hair dryer maupun blow-dryer sekelasnya. Jika menggunakan kipas angin biasa sebenarnya bisa, namun ini sifatnya spekulatif, karena suhu kipas angin tidak mendukung untuk mengeringkan dengan cepat dan sedikit mempengaruhi proses recovery konduktifitas jalur pada PCB.

• Berikutnya adalah pada baterai, cara sederhana berikut bisa mereocvery baterai yang terkontaminasi air hingga drop, meskipun nanti life-time baterai berkurang. Tapi paling tidak baterai nantinya masih bisa dipakai, yaitu dengan cara mengeringkannya di atas sinar matahari yang terik, misalnya pada jam 12 siang, dengan tempo +-1-2 jam asalkan jangan terlalu panas. Jika terlalu panas bisa mengurangi polaritas cell baterai, malah bisa membuatnya drop sekalian. lakukan secukupnya saja. Cara ini sudah banyak yang mencobanya, dan baterai masih normal dipakai dan bisa dicharge ulang.

• Setelah semua langkah dan proses diatas selesai dengan baik dan benar, Sekarang Anda rakit kembali seluruh komponen yang sudah Anda bongkar tadi dan pasang sesuai dengan dudukan dan natnya masing-masing jangan sampai keliru. Mekipun sederhana ini membutuhkan ketelitian. Catatan : Baterai dipasang terakhir, atau kalau Anda ragu coba cukup nyalakan dulu mesin dan lcdnya, sebelum dirakit ulang, supaya lebih mantap.

Jika semua prosedur di atas sudah dijalankan semua secara baik dan valid dan memang HP/smartphone yang terkena air tadi memang bermasalah, maka setelah power on ditekan, biasanya hp akan menyala kembali dan normal. Atau minimal sudah ada tanda-tanda signal on. Atau kalau mau coba bisa dengan direndam k edalam beras karena mengandung elektrostatis yang mendukung dan bisa menyerap kadar air serta mengurangi kelembapan. []

Sumber: http://www.mcscv.com/produk_detail.php?page-id=TIPS-Cara-memperbaiki-HP-yang-rusak-kena-air&rdmt=96261&pid=Repair-HP-Clean-Water02



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..