Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Ini Alasan Kemendikbud Pilih Siak Sebagai Tuan Rumah Kemah Budaya Nasional 2015

Ini Alasan Kemendikbud Pilih Siak Sebagai Tuan Rumah Kemah Budaya Nasional 2015


By: PKS Siak Kamis, 04 Juni 2015 0

PKS SIAK, SIAK SRI INDRAPURA - Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Kacung Mardjan mengatakan, pelaksanaan Kemah Budaya Nasional (KBN) 2015 yang digelar di Kabupaten Siak merupakan kali ke-4 sejak tahun 2012.

"Tahun pertama KBN dilaksanakan di Sulawesi Barat, kemudian Bintan, Solo dan Siak tahun ini. Banyak daerah yang memohon untuk jadi tuan rumah, tapi setelah dilakukan penilaian, Kemendikbud akhirnya memilih Siak untuk pelaksanaan KBN tahun 2015 ini," kata Kacung, saat menggelar Press Conference, usai upacara pembukaan KBN 2015 oleh Mendikbud Anis Baswedan di lapangan Tugu, Kota Siak, Kamis (4/6/2015).

Terpilihnya Siak sebagai tuan rumah KBN tahun ini, lanjut Kacung, karena Siak memiliki bumi perkemahan yang respresentatif dengan luas 8 hektare. Kemudian, yang terpenting di Siak Sri Indrapura juga tersimpan deposit mata budaya yang kaya dan terpelihara sampai saat ini. Lalu, ada mata budaya yang intensible (tidak benda) seperti pantun, tari daerah dan nilai budaya lainnya.

"Dengan pertimbangan itu, Siak akhirnya dipilih sebagai tuan rumah KBN dengan tema Harmoni di Tanah Melayu. Ada sekitar 1.000 peserta dari 34 Kwarda ditambah 115 peserta undangan dari Johor, Malaysia yang mengikuti KBN tahun ini di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara," ujar Kacung.

Direktur Sejarah dan Nilai Budaya Kemendikbud Endjat Djainuderajat berharap, sebagai tuan rumah, Kabupaten Siak dituntut agar dapat mengimplementasikan tujuan kegiatan KBN sebagai wadah bagi anggota pramuka untuk mengenal kebudayaan yang ada di Indonesia, khususnya budaya Melayu di Riau.

"Kita harapkan Siak sebagai pusat budaya Melayu di Riau mampu memberikan yang terbaik selama perhelatan KBN berlangsung hingga 8 Juni nanti," pungkasnya.

Sumber Goriau



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..