Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » Melestarikan Warisan Kuliner Melayu Lewat Bolu Kemojo

Melestarikan Warisan Kuliner Melayu Lewat Bolu Kemojo


By: admin Kamis, 08 Mei 2014 0


pkssiak.org - Nama Bolu Kemojo tentu saja sudah tak asing bagi masyarakat Melayu di Provinsi Riau khususnya. Namun seiring berjalannya waktu, salah satu kuliner warisan leluhur ini mulai jarang ditemukan. Hal ini tak lain dikarenakan jumlah pembuatnya tidak lah sebanyak dulu. Terlebih kebanyakan generasi muda sangat sedikit yang mengetahui resep dan cara pembuatan bolu yang lezat satu ini.

Di Kota Duri Kabupaten Bengkalis, pelestarian Bolu Kemojo sebagai kuliner khas Melayu mulai menggeliat melalui seorang praktisi kuliner bernama Diah Novi Wulandari. 
Mbak Ophie, demikian ibu empat anak ini disapa, bukan hanya memproduksi Bolu Kemojo untuk dipasarkan dengan label "Bolu Kemojo Khadeeja" ini saja. Namun lebih dari itu, alumni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran (Fikom Unpad) ini juga berbagi resep Bolu Kemojo melalui cooking class yang rutin ia selenggarakan untuk anggota PKK serta masyarakat umum lainnya.

"Sebenarnya bukan hanya Bolu Kemojo. Resep tradisional lain juga kita kembangkan. Dan Cooking Class yang kita selenggarakan ini adalah sumbangsih kepada masyarakat dalam rangka peningkatan keterampilan. Bersyukur apabila dapat mengangkat nilai-nilai kearifan lokal melalui kuliner," ujar pemilik Toko Kue Dapur Bunda ini.

Mbak Ophie menambahkan, dengan banyaknya kaum Ibu yang mempelajari resep kuliner khas daerah sebagai hal yang harus dilestarikan, ia berharap kekhasan kuliner nusantara dapat diwariskan secara turun temurun sebagai sebuah identitas.

"Kita belajar memasak masakan khas daerah sebenarnya bukan hanya untuk saat ini saja. Namun lebih dari itu, kita berharap hingga puluhan tahun ke depan masih ada yang bisa membuat Bolu Kemojo misalnya," pungkas praktisi kuliner yang juga pegiat Pos Wanita Keadilan ini. (ewa/pksbengkalis.org)


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar