Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHITMAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Hadapi Lonjakan Kendaraan Jelang Puasa, Dishubkominfo Bengkalis Siapkan 5 Armada Roro

Hadapi Lonjakan Kendaraan Jelang Puasa, Dishubkominfo Bengkalis Siapkan 5 Armada Roro


By: PKS Siak Jumat, 12 Juni 2015 0

PKS SIAK, BENGKALIS - Menjelang masuknya bulan suci Ramadan 1436 Hijriah, Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bengkalis akan mengoperasikan lima kapal feri penyeberangan roro Air Putih, Kecamatan Bengkalis-Sungai Selari, Kecamatan Bukitbatu atau sebaliknya.

Kadishubkominfo Bengkalis melalui Sekretaris Radius Akima, ketika dikonfirmsi, Kamis (11/06/2015), menjelaskan bahwa untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan memasuki bulan suci Ramadan pihaknya berencana mengoperasikan lima kapal roro dari tujuh kapal yang ada saat ini. Namun sebelum dioperasikannya lima kapal tersebut, Dishubkominfo akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Syahbandar Bengkalis, karena mereka yang memiliki legalitas izin pelayaran antara pulau.

''Rencananya H-2 masuknya bulan suci Ramadhan 1436 hijriah, kita sudah mengoperasikan 5"unit kapal roro. Hal itu mengingat pada H-2 sebelum masuknya bulan puasa, banyak warga yang datang atau keluar dari pulau Bengkalis melakukan berbagai hal, diantaranya ziarah kubur,'' terang Radius.

Selain itu, kelima kapal yang bakal dioperasikan tersebut akan disesuaikan dengan situasi. Artinya, apabila arus kendaraan yang keluar masuk pulau Bengkalis atau daratan Sumatera tetap tinggi bisa jadi kelima kapal itu dioperasikan sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri, kalau arus kendaraan selama buan puasa normal maka kapal yang dioperasikan cukup empat kapal saja.

Barulah sambung Radius, menjelang Idul Fitri pada H-7 jumlah kapal yang dioperasikan minimal lima sampai enam kapal sehari dari tujuh armada yang tersedia saat ini. Sedangkan untuk jadwal penyeberangan memasuki bulan suci Ramadhan  atau diawal Ramadhan belum ada perubahan, kecuali jadwal penyeberangan pada menjelang Idul Fitri bisa ditinjau ulang kembali tergantung jumlah kendaraan.

''Kalau 1 Ramadan dimulai tanggal 18 Juni, berarti pada tanggal 16 Juni mulai kita operasikan lima kapal. Unuk penambahan jumlah armada penyeberangan tersebut kita sudah menyampaikan surat ke Syahbandar Bengkalis untuk ditindaklanjuti, karena saat ini kita juga memaklumi soal dermaga penyeberangan yang hanya ada satu dermaga di masing-masing penyeberangan,'' ulas Radius.

Disinggung lima kapal roro mana saja yang akan beroperasi menjelang bulan Ramadan, Radius belum dapat memastikannya. Saat ini ada tujuh kapal ferry roro yang broperasi secara bergantian di Air Putih maupun Sungai Selari. Ketujuh kapal itu adalah KMP Swarna Putri, KMP Swarna Dharma, KMP Mulya Pertiwi II, KMP Aeng Mas, KMP Bahari Nusantara, KMP Mutiara Nusantara dan KMP Tasik Gemilang.

Sumber Goriau



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..